alexametrics

Singapura Tambah Negara yang Warganya Bebas Masuk Tanpa Karantina

21 September 2021, 06:01:08 WIB

JawaPos.com – Singapura membebaskan sejumlah warga negara bebas masuk tanpa karantina. Pelancong yang telah divaksinasi lengkap boleh masuk Singapura tanpa karantina. Sebelumnya hanya dari negara Brunei dan Jerman. Kini, Singapura segera memperluas atau menambah lebih banyak negara yang warganya kemungkinan dapat memasuki Singapura tanpa harus dikarantina.

Hal ini dilakukan setelah awal yang sukses untuk Jalur Perjalanan yang Divaksinasi (VTL), dengan hanya 1 kasus Covid-19 yang terdeteksi pada saat kedatangan di antara sekitar 900 pelancong. Skrining pelancong disebut berhasil.

Menteri Perhubungan Singapura S. Iswaran mengatakan Singapura secara aktif memperluas skema VTL tersebut. Skema ini dimulai pada 8 September 2021, dan terbuka untuk Brunei dan Jerman sebagai permulaan.

Wisatawan di bawah skema ini akan melakukan hingga 4 tes reaksi rantai polimerase (PCR) Covid-19 sebagai pengganti karantina. Iswaran mengatakan hasil dalam dua minggu pertama telah menjanjikan. Lebih dari 900 pelancong VTL telah memasuki Singapura, dan semuanya telah sepenuhnya mematuhi pengujian wajib.

“Beberapa negara dan wilayah telah menyatakan minatnya untuk membuka VTL dengan Singapura,” tambahnya.

Dia mengatakan VTL merupakan langkah penting bagi semua orang yang terlibat untuk memahami dan beradaptasi dengan persyaratan pembukaan kembali dengan aman. Iswaran menambahkan bahwa satu-satunya kasus Covid-19 yang terdeteksi di antara pelancong VTL sejauh ini diidentifikasi dalam tes yang dilakukan pelancong pada saat kedatangan.

“Kasus ini diisolasi dan dikarantina,” kata Iswaran.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads