JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kanada Desak DK PBB Laporkan Kejahatan Militer Myanmar

21 September 2018, 15:53:33 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
rohingya, myanmar, kanada,
Parlemen Kanada menyatakan, tindakan militer Myanmar terhadap orang-orang Rohingya adalah bentuk genosida (AFP)
Share this

JawaPos.com - Parlemen Kanada menyatakan, tindakan militer Myanmar terhadap orang-orang Rohingya adalah bentuk genosida. Sebab selama ini PBB sudah menunjukkan laporan kalau militer Myanmar telah melakukan kekerasan terhadap etnis Rohingya hingga mereka terpaksa melarikan diri ke Bangladesh.

Seperti dilansir RMOL.co, Jumat, (21/9), House of Commons Kanada mendukung temuan misi pencarian fakta PBB di Myanmar yang menemukan kejahatan terhadap kemanusiaan terhadap etnis Rohingya. Terdapat fakta danbukti kalau kekerasan militer terhadap Muslim Rohingya disetujui oleh komandan militer Myanmar.

Anggota parlemen Kanada mengatakan, mereka mengakui kejahatan terhadap Rohingya merupakan genosida dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk merujuk kasus ini ke pengadilan pidana internasional. Kanada juga menyerukan jenderal-jenderal Myanmar untuk diselidiki dan dituntut atas kejahatan genosida.

"Saya ingin menggarisbawahi betapa tragisnya, betapa mengerikannya kejahatan terhadap Rohingya," kata Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland.

“Kami memimpin upaya internasional untuk keadilan dan akuntabilitas untuk Rohingya," sambungnya seperti dimuat The Guardian.

Diketahui bahwa kampanye militer mendorong lebih dari 700.000 Muslim Rohingya dari Myanmar ke negara tetangga Bangladesh di mana mereka sekarang tinggal di kamp-kamp pengungsi. Banyak yang telah memberikan laporan pembunuhan di luar proses hukum, kekerasan seksual dan pembakaran.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up