JawaPos Radar

Putera Mahmoud Abbas Dukung Solusi Satu Negara bagi Israel-Palestina

21/08/2018, 12:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
solusi satu negara bagi israel-palestina
Konflik Israel-Palestina sukar diselesaikan (Guardian)
Share this image

JawaPos.com - Solusi terkait konflik Israel-Palestina dinilai tidak realistis oleh putera Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Dia mengatakan kepada utusan Donald Trump dalam pertemuan yang sudah hampir setahun lalu.

Putera Presiden Palestina, Tarek Abbas bertemu dengan utusan khusus Gedung Putih Jason Greenblatt yang bertugas menegosiasikan kesepakatan perdamaian Timur Tengah. Menurut Channel 10 Israel, Greenblatt menegosiasikan hal itu di sela-sela Sidang Umum PBB di New York pada September lalu.

Tarek Abbas mengatakan, ia tidak percaya bahwa solusi dua negara masih memungkinkan untuk menangani konflik. Sebaliknya, menurut laporan Channel 10 Israel dan situs web Axios yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Tarek mengatakan, ia mendukung solusi satu negara dengan hak yang sama untuk semua warga negara.

solusi satu negara bagi israel-palestina
Israel ingin menguasai seluruh Kota Yerusalem (My Jewish Learning)

"Saya mendukung solusi satu negara antara Sungai Yordan dan Laut Tengah, dengan hak yang sama untuk semua warganya," kata Tarek dalam laporan seperti dilansir Times of Israel.

Posisi tersebut lantas akan menempatkan Tarek Abbas berseberangan dengan pendapat ayahnya dan sebagian besar pendapat internasional. Meskipun gagasan yang diambil Tarek merupakan cerminan rasa frustasi yang dirasakan warga Palestina, nyatanya tidak ada solusi yang mampu menengahi dua negara hingga kini.

Lain halnya dengan sang putera, Mahmoud Abbas berulang kali telah mengatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk solusi dua negara. Sementara itu, beberapa sumber senior Israel mengatakan bahwa Greenblatt ingin menemui Tarek Abbas untuk meminta salah satu orang terdekat Abbas untuk membantu memajukan upaya perdamaian pemerintah Donald Trump.

Beberapa hari sebelum Tarek bertemu dengan Greenblatt, Mahmoud Abbas telah bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan menyatakan optimisme pada upaya Pemerintah AS untuk menengahi kesepakatan satu abad antara Palestina dan Israel.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up