alexametrics

Champ Meninggal, Presiden AS Joe Biden Berduka

21 Juni 2021, 18:31:16 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berduka. Champ telah meninggal Sabtu (19/6). Dia adalah anjing jenis German shepherd yang telah menemani keluarga Biden selama 13 tahun terakhir. Biden menyebutnya sebagai teman setia yang berharga.

”Keluarga kami hari ini telah kehilangan teman yang penuh kasih, Champ. Saya akan merindukannya,” cuit Presiden Biden di akun resmi Twitter-nya seperti dikutip NPR.

Dalam pernyataan bersama dengan sang istri, Jill, mereka menyatakan bahwa seluruh keluarga menyayangi Champ.

Mereka mengenang bagaimana Champ selalu menyambut dengan sukacita anggota keluarga Biden yang baru pulang. Bahkan, di bulan-bulan terakhirnya, ketika kondisi tubuhnya melemah, Champ tetap bersemangat. Champ biasanya suka menemani mereka di depan api unggun dengan meringkuk di bawah kaki salah satu anggota keluarga. Champ menemani keluarga Biden di hari-hari bahagia maupun duka.

Biden mengadopsi Champ pada 2008 saat masih anak anjing. Itu hanya beberapa bulan sebelum Biden pindah ke rumah dinas wakil presiden di Naval Observatory, Washington DC. Biden menjadi wakil presiden dua periode di era Barack Obama.

Ketika menjadi presiden, Biden mengembalikan lagi tradisi di Gedung Putih, yaitu peliharaan presiden. Dari era George Washington, selalu ada hewan peliharaan yang dimiliki presiden. Rata-rata adalah anjing. Misalnya saja Bo dan Sunny milik Obama. Namun, tradisi itu sempat berhenti di era Presiden Ke-45 AS Donald Trump. Suami Melania itu tidak memiliki peliharaan apa pun.

Biden menghidupkan kembali tradisi tersebut dengan membawa Champ dan Major ketika pindah ke Gedung Putih pasca pelantikan. Namun, Major kesulitan beradaptasi. Dia akhirnya dikirim ke rumah keluarga Biden di Delaware untuk mendapatkan pelatihan sebelum akhirnya kembali ke Gedung Putih akhir Maret.

Major agaknya gampang panik karena banyak agen secret service di rumah barunya. Biden rencananya memelihara kucing juga. Major telah dilatih untuk bisa beradaptasi jika nanti Biden benar-benar mengadopsi seekor kucing.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c9/bay)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads