JawaPos Radar

Cegah Kecurangan Saat Ujian, Aljazair Matikan Internet

21/06/2018, 18:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Cegah Kecurangan Saat Ujian, Aljazair Matikan Internet
Ilustrasi pelajar melaksanakan ujian (OTV)
Share this image

JawaPos.com - Kecurangan saat ujian nasional sering terjadi melalui akses internet secara diam-diam. Di Aljazair, pemerintah mematikan internet nasional selama ujian sekolah menengah untuk mencegah kecurangan.

Bukan hanya layanan internet, namun telepon seluler maupun telepon melalui fixed line akan dimatikan dari satu jam sebelum ujian untuk mencegah kecurangan. Pemadaman internet ini akan terus berlanjut sepanjang musim ujian sekolah yaitu 20-25 Juni.

Langkah ini dilakukan karena adanya kecurangan yang meluas pada 2016. Pertanyaan-pertanyaan banyak yang bocor di dunia maya sebelum dan selama tes.

Cegah Kecurangan Saat Ujian, Aljazair Matikan Internet
Menteri Pendidikan Aljazair Nouria Benghabrit mengatakan kepada surat kabar Aljazair Annahar, Facebook akan diblokir di seluruh negeri selama periode ujian (Reuters)

Akibatnya, pihak berwenang meminta penyedia layanan internet untuk menghentikan akses media sosial pada 2017. Namun tindakan itu tidak cukup.

Menteri Pendidikan Aljazair Nouria Benghabrit mengatakan kepada surat kabar Aljazair Annahar, Facebook akan diblokir di seluruh negeri selama periode ujian. "Sementara mereka tidak nyaman dengan keputusan itu, kita seharusnya tidak pasif, kita harus berdiri di depan mengatasi masalah kebocoran," katanya dilansir BBC, Kamis, (21/6).

Selain itu, semua perangkat elektronik dengan akses internet, baik untuk siswa dan staf sekolah, telah dilarang. Dipasang juga detektor logam di pintu masuk mereka.

Benghrabit menambahkan, kamera pengintai dan jammers ponsel telah dipasang pada mesin cetak ujian. Lebih dari 700.000 siswa akan mengikuti ujian sertifikasi sekolah menengah, hasilnya diharapkan keluar dari 22 Juli.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up