Wabah Cacar Monyet Meluas di 5 Negara, Pasien Didominasi Pria

21 Mei 2022, 14:17:50 WIB

JawaPos.com – Wabah cacar monyet saat ini sudah ditemukan di 5 negara. Amerika Serikat adalah yang terbaru mendeteksi kasus cacar monyet yang langka. Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts, pada Rabu (18/5) menyatakan telah mengonfirmasi satu kasus infeksi virus cacar monyet pada seorang pria usai bepergian ke Kanada.

Selain AS, kasus meningkat di negara-negara Eropa karena baru-baru ini Spanyol dan Portugal mendeteksi lebih dari 40 kasus yang diduga cacar monyet. Seperti dikutip kantor berita AFP, para pejabat mengatakan bahwa kedua wabah itu terkonsentrasi di wilayah Madrid dan Lisbon.

Wabah cacar monyet sebagian besar terjadi di Afrika barat dan tengah, dan hanya sesekali menyebar di tempat lain. Kelima negara itu adalah Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Portugal, dan Kanada.

Bisa Menular Lewat Hubungan Intim

Menurut pejabat kesehatan di Spanyol, beberapa infeksi ini mungkin melalui kontak seksual, dalam hal ini di antara gay atau biseksual. Otoritas kesehatan di wilayah Madrid mengatakan, secara umum penularannya melalui pernapasan atau droplet, tetapi karakteristik dari 23 infeksi yang dicurigai menunjukkan bahwa itu ditularkan melalui cairan tubuh saat berhubungan seks.

“Semua dari mereka adalah pria dewasa dan kebanyakan dari mereka adalah pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria lain, tetapi tidak semuanya,” ujar kepala kesehatan masyarakat di wilayah Madrid, Elena Andradas, kepada radio Cadena Ser.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Portugal mengatakan semua kasus terjadi pada laki-laki, mayoritas dari mereka masih muda, yang memiliki lesi atau luka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: