alexametrics

Trump Jadi Tamu Negara Pertama Kaisar Jepang Era Reiwa

21 April 2019, 14:31:18 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan ibu negara Melania Trump akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang pada Mei. Dia akan menjadu pemimpin asing pertama yang bertamu di kediaman Kaisar Jepang yang baru Naruhito.

Seperti diketahui, Kaisar Akihito saat ini, 85, akan mundur pada akhir bulan ini, menjadi kaisar Jepang pertama yang turun tahta dalam sejarah modern. Dia akan digantikan oleh putranya yang berusia 59 tahun, Putra Mahkota Naruhito.

Perjalanan Trump akan menjadi kunjungan kenegaraan pertama seorang pemimpin asing dalam era Reiwa Jepang. Suatu era Jepang menandai siapa kaisar dan membentuk dasar untuk sistem kalender Jepang.

Akihito memimpin era Heisei, yang akan berakhir pada 30 April, hari ketika dia turun. Era Reiwa, yang akan dimulai setelah Kaisar baru dimahkotai pada 1 Mei, menggunakan karakter untuk harmoni dan referensi sastra Jepang klasik.

Trump dan Melania akan menghadiri perjamuan yang diselenggarakan oleh Naruhito dan istrinya, Permaisuri Masako, dan juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Dilansir dari CNN, dalam sebuah pernyataan dari Gedung Putih, seorang sekretaris pers mengatakan bahwa rencana kunjungan Trump ke Jepang akan memperdalam ikatan dekat antara rakyat Jepang dan Amerika, dan menyoroti pentingnya aliansi dan kemitraan kita yang terus berlanjut.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads