alexametrics

Petugas KPU India Lakukan Perjalanan 4 Hari Demi Satu Pemilih

21 April 2019, 17:54:37 WIB

JawaPos.com – Pemilihan umum (pemilu) di India merupakan pemilu terbesar di dunia. Diikuti 900 juta penduduk dan berlangsung selama tujuh fase dalam 28 hari.

Gammar Bam dan petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) India rela melakukan perjalanan empat hari lebih, sepanjang 300 mil lebih hanya untuk memastikan seorang pemilih tunggal di bagian perbatasan India yang terpencil agar dapat memberikan suaranya.

“Ada kegembiraan dan kegugupan,” kata Rupak Tamang, salah satu anggota tim KPU India saat ia mengatur mesin pemungutan suara. “Jika satu pemilih muncul, akan ada 100 persen suara, tetapi jika dia tidak, maka itu akan menjadi nol persen,” tambahnya.

Melakukan pemilihan umum dalam demokrasi terbesar di dunia adalah tugas yang sangat besar. Setiap lima tahun, ketika pemilihan umum diadakan, KPU India menghadapi medan yang sangat menantang. Mulai dari cuaca buruk dan infrastruktur yang buruk

Petugas KPU harus melewati pegunungan, laut, bahkan danau penuh buaya hanya untuk memastikan tidak ada pemilih yang ingin memberikan suaranya tak tersampaikan. Ini pengorbanan petugas yang luar biasa.

“Kami ingin membuat pemilu dengan tingkat parsitisipasi yang tinggi,” kata Ashok Lavasa, salah satu dari tiga komisioner KPU India. “Ini adalah manifestasi dari akar demokrasi di India.”

Aturan mengamanatkan, tidak ada pemilih yang harus melakukan perjalanan lebih dari 1,24 mil untuk memilih. Jadi petugas yang harus berjuang untuk mencapai pemilih.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads