alexametrics

Pemilu Israel, Knesset Punya Lebih Banyak Anggota LGBT

21 April 2019, 16:13:29 WIB

JawaPos.com – Hasil pemilihan yang diterbitkan oleh Komite Pemilu Sentral Israel Selasa lalu mengungkapkan susunan terakhir dari Knesset atau Parlemen Israel. Hasilnya Knesset memilik anggota perempuan dan Arab yang lebih sedikit. Namun lebih banyak anggota parlemen yang relijius dan anggota parlemen yang berasal dari komunitas LGBT.

Dilansir dari Hareetz pada Sabtu (20/4), dibandingkan dengan Knesset sebelumnya, yang memiliki 39 legislator baru, 49 anggota Knesset baru akan bergabung dengan jajaran kali ini, dengan 24 dari mereka berasal dari Partai Kahol Lavan dan 11 dari Partai Likud.

Anggota Knesset yang masuk mencakup 29 perempuan. Jumlah legislator perempuan bisa bertambah nanti jika beberapa anggota parlemen mengundurkan diri.

Presiden Reuven Rivlin berharap lebih banyak perwakilan perempuan di Knesset. Ia mengatakan, “Saya berharap di Knesset dan kabinet yang akan datang akan melihat perempuan memiliki peran yang lebih berarti. Saya ingin memastikan bahwa suara perempuan terdengar keras dan jelas,” paparnya.

Knesset kali ini memiliki wakil dari anggota komunitas LGBT yang cukup banyak. Ini merupakan rekor di Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Di antara wakil komunitas LGBT yang menjadi anggota Knesset antara lain Amir Ohana, Itzik Shmuli, Idan Roll, dan Yorai Lahav Hertzanu.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna



Close Ads