alexametrics

Selain Kera, Binatang Ini Paling Dekat Kekerabatannya dengan Manusia

21 April 2018, 06:05:57 WIB

JawaPos.com – Pawang beruang biasanya banyak ditemui di cagar alam, kebun binatang, bahkan hutan. Salah seorang pembisik beruang Amerika Serikat (AS), Ben Kilham tinggal di hutan New Hampshire dan bekerja memahami beruang hitam. Melalui profesinya tersebut ia juga memberikan wawasan yang lebih luas kepada manusia.

Striped dan Jake adalah dua anak beruang yang dirawat Kilham, mereka hidup di dalam kandang dan tidak liar. Mereka makan dan minum melalui botol, sementara anak beruang lainnya bertengger di pohon-pohon.

Melalui sebuah foto, ketiga beruang kecil menyambut para pengunjung di lumbung yang sudah direnovasi. Lumbung itu dilengkapi papan yang bertuliskan ‘Selamat Datang’.

Terdapat lumbung lain di dekatnya seluas tiga hektare. Kilham juga merawat anak-anak beruang yatim lainnya yang dipercayakan oleh departemen ikan dan permainan New Hampshire kepadanya setiap tahun.

Induk anak-anak beruang tersebut biasanya ditembak mati atau tertabrak mobil. Maka Kilham bertugas merawat anak-anak beruang tersebut sebelum dilepaskan ke alam liar nantinya pada usia 18 bulan.

Selain merawat anak-anak beruang, ia juga mengamati beruang dewasa termasuk Squirty yang kini berusia 22 tahun. Seperti dilansir AFP, Kamis, (19/4), beruang hitam merupakan beruang paling umum di Amerika Utara dengan populasi sebanyak 75 ribu ekor.

Dianggap sebagai pakar beruang, Tiongkok meminta bantuan Kilham menggunakan keahlian untuk membantu proses pembuatan film dokumenter berjudul Pandas yang baru-baru ini dirilis. Setelah berpengalaman selama 25 tahun, Kilham bahkan tak ragu mengatakan, beruang memiliki kedekatan dengan manusia selain kera yang menjadi kerabat paling dekat manusia.

Ia juga menyadari, beruang betina sangat sensitif dan sama halnya seperti manusia, beruang akan saling menjaga karena hal tersebut merupakan naluri. Squirty sudah dilepas ke alam liar. Setelah dilepas, ada seorang perempuan melaporkan kepada Kilham kalau ia melihat Squirty menyerang.

Kilham kemudian mengatakan, sebagai beruang, Squirty telah mengambil risiko besar untuk melawan manusia yang merupakan musuh terbesarnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ina/ce1/trz/JPC)



Close Ads
Selain Kera, Binatang Ini Paling Dekat Kekerabatannya dengan Manusia