alexametrics

Sopir Bajak dan Bakar Bus Sekolah Berisi 51 Siswa di Italia

21 Maret 2019, 15:19:33 WIB

JawaPos.com – Sebuah bus yang membawa 51 anak sekolah dibajak oleh sopirnya dan dibakar di dekat Milan, Italia. Dilansir dari BBC pada Kamis (21/3), beberapa siswa diikat saat bus dibajak.

Namun mereka semua berhasil diselamatkan polisi dengan memecahkan jendela bagian belakang bus. Tak ada siswa yang terluka parah. Sebanyak 14 siswa menderita akibat asap.

Sopir itu merupakan warga negara Italia, 47, berasal dari Senegal. Ia sudah ditangkap. “Tidak ada yang akan selamat,” kata sopir itu pada awalnya.

sopir, bajak, bus, siswa, teroris, italia,
Pembajakan itu dimulai selama 40 menit berikutnya. Ketika tersangka mulai menyapa para penumpang dengan pisau. Situasi menjadi darurat, lalu seorang bocah laki-laki menelepon orangtuanya (EPA)

Seorang guru yang naik bus mengatakan, tersangka diketahui marah dengan kebijakan imigran Italia. Beberapa laporan mengatakan, pria itu berteriak, “Hentikan kematian di Laut Mediterania.”

Pada awalnya bus itu seharusnya menuju ke pusat kebugaran di Crema. Namun dalam perjalanan, bus itu malah mengambil rute berbeda menuju Bandara Linate Milan.

Pembajakan itu dimulai selama 40 menit berikutnya. Ketika tersangka mulai menyapa para penumpang dengan pisau. Situasi menjadi darurat, lalu seorang bocah laki-laki menelepon orangtuanya. Kemudian orangtuanya memberitahu polisi.

Butuh beberapa waktu sebelum polisi mencoba mencegat bus. Bus itu menabrak mobil polisi sebelum melambat. Laporan media setempat mengatakan, bensin telah disiramkan di sekitar bus sebelum sopir membakar bus tersebut. Namun polisi dapat menghancurkan kaca belakang dan membantu para penumpang turun sebelum terbakar.

Jaksa Milan Francesco Greco mengatakan, mereka sedang menyelidiki semua kemungkinan motif pembajakan bus tersebut. Termasuk motif terorisme.

“Ini adalah keajaiban, seharusnya ini jadi pembunuhan masal namun pada akhirnya semua penumpang selamat,” kata Greco.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna



Close Ads
Sopir Bajak dan Bakar Bus Sekolah Berisi 51 Siswa di Italia