alexametrics

Selandia Baru Beri Jaminan Keamanan Jamaah Salat Jumat Besok

21 Maret 2019, 13:33:56 WIB

JawaPos.com – Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru, sedang diperbaiki dan dicat ulang setelah aksi teror Jumat pekan lalu. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan, azan akan diperdengarkan dan disiarkan secara nasional pada Jumat pekan ini.

Polisi bersenjata telah menjaga masjid di sekitar Selandia Baru usai 50 orang tewas akibat ditembak mati secara brutal oleh seorang pria bersenjata, Brenton Tarrant.

“Orang-orang akan menghadiri masjid pada Jumat besok. Kami memberikan jaminan kepada umat Islam yang ingin melaksanakan salat Jumat,” kata Ardern dilansir dari Reuters pada Kamis (21/3).

penembakan masal, penembakan di masjid, masjid selandia baru, selandia baru, belanda,
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan, azan akan diperdengarkan dan disiarkan secara nasional pada Jumat pekan ini (AFP)

“Polisi bekerja tanpa henti. Mereka melakukan segala daya untuk mengumpulkan semua bukti yang sesuai dari tempat kejadian perkara. Kami berusaha keras agar orang bisa kembali ke masjid sesegera mungkin,” ujar Ardern.

Kedua masjid yang diserang yakni Masjid Al Noor dan Masjid Linwood siap dibuka kembali. Ribuan jamaah diperkirakan bakal datang ke Masjid Al Noor, tempat mayoritas korban meninggal.

Sebagian besar korban merupakan migran atau pengungsi dari negara-negara seperti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Turki, Somalia, Afghanistan, dan Bangladesh.

Diketahui, pelaku teror merupakan warga Australia, Brenton Tarrant, 28. Ia merupakan seorang pendukung supremasi kulit putih yang tinggal di Dunedin, di South Island, Selandia Baru. Dia telah didakwa dengan pembunuhan usai aksi teror mematikan itu.

Dia akan kembali ke pengadilan pada 5 April. Polisi mengatakan, dia kemungkinan akan menghadapi lebih banyak dakwaan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Selandia Baru Beri Jaminan Keamanan Jamaah Salat Jumat Besok