alexametrics

Mahathir: Saya Cinta Malaysia Airlines Tapi tak Mampu Biayai

21 Maret 2019, 18:09:02 WIB

JawaPos.com – Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan, salah satu cara untuk menyelamatkan nasib Malaysia Airlines adalah menjualnya. Ini pernyataan Mahathir saat ditanya tentang nasib Malaysia Airlines (MAS).

Menurut Mahathir, saat ini ada beberapa pihak yang menyatakan ketertarikan untuk membeli maskapai penerbangan yang berdiri sejak 1 Mei 1947 tersebut. ’’Meski tenaga asing telah dipilih untuk mengelola maskapai tersebut, MAS masih mengalami kerugian,’’ tegas pemimpin negara tertua di dunia tersebut.

MAS sejatinya goyah sejak 2011. Mereka harus bersaing dengan maskapai penerbangan berbiaya hemat seperti Air Asia. Maskapai penerbangan milik negara itu pun kembali terpukul setelah MH370 dengan rute Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, Tiongkok, menghilang pada 8 Maret 2014. Hingga saat ini, bangkai pesawat tersebut tidak pernah ditemukan.

Hanya berselang beberapa bulan, tepatnya pada 17 Juli 2014, giliran MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina. Diduga, pelakunya adalah separatis pro-Rusia. Sebanyak 283 penumpang dan 15 kru tewas.

Tahun berikutnya CEO Malaysia Airlines Christoph Mueller menuturkan, secara teknis, maskapai penerbangan itu telah bangkrut. Dia lantas merumahkan 6.000 karyawan.

Mahathir menegaskan, meski sudah ada ribuan karyawan yang di-PHK dan pemerintah menyuntikkan dana MYR 6 miliar (Rp 20,9 triliun), MAS belum bisa bangkit seperti dulu. Karena itu, harus segera dibuat keputusan agar kerugian tidak berlarut-larut.

Saat ini memang belum ada keputusan final terkait dengan nasib MAS. Pemerintah mempertimbangkan untuk tetap mempertahankan sahamnya di MAS, mengubah manajemen, menutupnya, melebarkan, atau justru memperkecil skala bisnis maskapai penerbangan tersebut.

’’Saya mencintai MAS. Saya ingin memilikinya sebagai maskapai penerbangan nasional kita. Namun, tampaknya kita tidak mampu membiayainya,’’ ujar Mahathir sebagaimana dikutip The Straits Times.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (sha/c14/sof)

Copy Editor :

Mahathir: Saya Cinta Malaysia Airlines Tapi tak Mampu Biayai