alexametrics

Gletser Mencair, Jenazah Pendaki Terkubur di Gunung Everest Tersingkap

21 Maret 2019, 14:43:12 WIB

JawaPos.com – Otoritas Ekspedisi Gunung Everest prihatin dengan jenazah-jenazah pendaki yang tersingkap baru-baru ini. Hal ini disebabkan oleh gletser yang mencair akibat pemanasan global.

Hampir 300 pendaki tewas di puncak Gunung Everest sejak upaya pendakian pertama. Dua pertiga jenazah diperkirakan masih terkubur di salju dan es yang membeku. Jenazah yang tersingkap dipindahkan di sisi gunung, ke utara, saat musim semi dimulai.

gunung everest, pendaki, gunung, nepal,
Akibat pemanasan global, lapisan es dan gletser meleleh dengan cepat dan jenazah yang terkubur selama bertahun-tahun kini menjadi terlihat (Reuters)

“Akibat pemanasan global, lapisan es dan gletser meleleh dengan cepat dan jenazah yang terkubur selama bertahun-tahun kini menjadi terlihat,” kata Sherpa Ang Tshering seperti dilansir BBC, Kamis (21/3).

Mantan Presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal tersebut juga mengatakan, pihaknya telah mengambil jenazah beberapa pendaki gunung yang meninggal dalam beberapa tahun terakhir. “Namun jenazah para  pendaki  yang lama yang terkubur sekarang tersingkap akibat gletser mencair.”

Seorang pejabat pemerintah yang bekerja sebagai petugas penghubung di Gunung Everest menambahkan, ia juga ikut mengambil jenazah.

“Saya sendiri telah mengambil sekitar 10 jenazah dalam beberapa tahun terakhir dari berbagai lokasi di Everest dan sekarang semakin banyak yang muncul,” katanya.

Expedition Operators Association of Nepal (EOAN) atau Asosiasi Operator Ekspedisi Nepal mengatakan, mereka menurunkan semua tali dari kamp yang lebih tinggi di Pegunungan Everest dan Lhotse pada musim pendakian ini. Namun memang berurusan dengan jenazah tidak mudah.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Gletser Mencair, Jenazah Pendaki Terkubur di Gunung Everest Tersingkap