alexametrics

Cahaya Bola Raksasa di Rusia Diduga UFO

21 Maret 2019, 06:00:36 WIB

JawaPos.com – Sebuah misteri UFO yang tampak seperti bola berpendar di langit salah satu kota di Rusia mengubah malam menjadi jauh lebih cerah dan hangat. Meskipun kala itu suhu berkisar sekitar -20 Celcius yang sangat dingin.

Dilansir Daily Mirror pada Senin (19/3), kilatan cahaya yang menyilaukan terlihat berubah warna dari hijau menjadi kuning menjadi oranye di daerah terpencil di wilayah Krasnoyarsk Rusia. Pendar cahaya raksasa tersebut terlihat dekat dengan situs ledakan meteor terbesar di dunia yang memiliki kekuatan 185 bom Hiroshima.

“Malam menjadi cerah dan hangat, seolah-olah bola lampu raksasa dinyalakan di langit ,” kata saksi mata Pyotr Bondarev dari Desa Tura.

Satu teori menyatakan, bola berpendar yang dikira UFO bercahaya spektakuler melesat di atas bukit Siberia sebenarnya meteor. Namun sejauh ini tidak ada bukti konklusif.

Benda yang bersinar juga terlihat sejauh 250 mil dan tampaknya mau mendarat. Sejauh ini tidak ada puing-puing dari meteorit dan para ahli masih menerka-nerka tentang apa yang menyebabkan cahaya itu begitu menakjubkan.

Bondarev mengatakan, saat itu sekitar jam 7.30 malam, hari sudah gelap. “Saya di luar berjalan-jalan dengan istri dan anak-anak saya, ketika langit menyala hijau dan kuning. Banyak orang melihatnya dan menjadi sangat bersemangat,” paparnya.

Beberapa mengklaim, itu adalah ledakan tunguska kedua. Desa Tura terletak beberapa ratus mil dari lokasi ledakan Tunguska 111 tahun yang lalu, yang penyebabnya kemungkinan besar adalah jatuhnya meteor.

Saat itu, lebih dari 770 mil persegi hutan musnah setelah bola api yang besarnya diyakini seluas 330 kaki, merobek atmosfer dan meledak. Diperkirakan 80 juta pohon hancur, dan ada ribuan bangkai rusa hangus. Namun, beberapa ahli membantah penyebab ledakan Tunguska tahun 1908.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Cahaya Bola Raksasa di Rusia Diduga UFO