JawaPos Radar

Trump Bertemu Putin Bahas Perlombaan Senjata, Cegah PD III?

21/03/2018, 17:35 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Trump Bertemu Putin Bahas Perlombaan Senjata, Cegah PD III?
Donald Trump mengatakan, ia akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dalam waktu dekat untuk membahas perlombaan senjata yang semakin di luar kendali (AP)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, ia akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dalam waktu dekat untuk membahas perlombaan senjata yang semakin di luar kendali. Apakah Trump ingin mencegah meletusnya Perang Dunia III?

Selain itu, ia juga mengucapkan selamat kepada Putin atas terpilihnya kembali menjadi Presiden Rusia. Trump menjawab pertanyaan soal Putin saat mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad Bin Salman di Gedung Putih.

"Kami akan bertemu beberapa waktu mendatang untuk membahas perlombaan senjata yang semakin tidak terkendali," katanya.

Trump Bertemu Putin Bahas Perlombaan Senjata, Cegah PD III?
Peluncuran rudal Rusia yang semakin meningkat (Tass)

Trump juga berbicara mengenai militer AS. Ia mengatakan, AS akan tetap lebih kuat dari negara lain di dunia sejauh ini.

AS tidak akan membiarkan siapapun memiliki kekuatan seperti yang mereka miliki. Pertemuan Trump denga Putin mendatang juga akan membahas Ukraina dan Korea Utara.

Saat ini, AS telah menghabiskan sekitar USD 700 miliar untuk dana militer, jauh melebihi negara lain di dunia. Termasuk USD 640 miliar untuk senjata dan personel serta USD 60 miliar untuk perang di Afghanistan, Irak, Syria, dan negara-negara lainnya.

Pentagon menerbitkan ulasan postur nuklir pada Februari lalu. Negara yang disebut antara lain Korut, Tiongkok, dan Rusia.

Sebelumnya, Maret lalu Putin mengumumkan bahwa Rusia telah berhasil mengembangkan sejumlah sistem senjata canggih terrmasuk rudal bertenaga nuklir. Selain itu, Rusia juga meluncurkan rudal hipersonik, kapal selam bertenaga nuklir, dan sistem pertarungan laser misterius. Namun, tujuan pasti diluncurkan senjata-senjata tersebut masih tidak jelas.

(ina/ce1/iml/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up