alexametrics

Abaikan Sanksi AS, Tiongkok Tetap Menjalin Hubungan Baik dengan Iran

21 Februari 2019, 15:39:23 WIB

JawaPos.com – Keinginan Tiongkok untuk memiliki hubungan dekat dengan Iran tetap tidak akan berubah, terlepas dari situasi Internasional, termasuk sanksi AS terhadap Iran. Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan, pihaknya tetap menjalin hubungan baik dengan Iran.  Hal ini diungkapkan menjelang kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS).

Raja Salman dari Arab Saudi mengunjungi Beijing pada 2017, dan putranya MBS tiba pada hari Kamis (21/2) untuk kunjungan dua hari. Namun, Tiongkok harus mempunyai sikap yang baik, karena juga memiliki hubungan dekat dengan musuh regional Arab Saudi, Iran.

iran, as, tiongkok, sanksi,
Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, tekat Tiongkok untuk mengembangkan kemitraan strategis yang komprehensif dengan Iran akan tetap tidak berubah (Reuters)

Pertemuan dengan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani dilakukan pada hari Rabu. Xi mengatakan, kedua negara memiliki persahabatan yang panjang dan berbagi rasa saling percaya yang telah teruji, menurut sebuah pernyataan kementerian luar negeri China yang dikeluarkan pada hari Kamis.

“Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, tekat Tiongkok untuk mengembangkan kemitraan strategis yang komprehensif dengan Iran akan tetap tidak berubah,” kata Xi dilansir dari Reuters.

Xi menambahkan, Tiongkok dan Iran harus lebih memperdalam saling percaya yang strategis dan terus saling mendukung satu sama lain pada kepentingan inti.

“Kami mendukung Iran dalam memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional dan bersedia untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan erat pada masalah-masalah regional,” tambah Xi.

Di Beijing, Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ari Larijani didampingi oleh Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, bertemu dengan mitranya dari Tiongkok.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Abaikan Sanksi AS, Tiongkok Tetap Menjalin Hubungan Baik dengan Iran