JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kolombia Minta Kuba Serahkan Pemberontak ELN Pasca-Serangan Bom Mobil

21 Januari 2019, 06:10:59 WIB
pemberontak, eln, bom mobil, kolombia,
Kolombia meminta Pemerintah Kuba untuk menyerahkan para pemberontak yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Nasional (ELN), yang berada di Havana (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Kolombia meminta Pemerintah Kuba untuk menyerahkan para pemberontak yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Nasional (ELN), yang berada di Havana untuk pembicaraan damai akhir pekan ini.

Permintaan itu dikeluarkan setelah serangan bom mobil yang mematikan menyebabkan 21 orang meninggal dunia dalam serangan di Bogota. Serangan itu disalahkan pada kelompok ELN.

Presiden Konservatif Ivan Duque mendesak Kuba yang merupakan tuan rumah dan salah satu penjamin proses perdamaian, untuk mengirim pulang para pemberontak ELN di Havana.

Duque mengumumkan bahwa dia akan mengembalikan surat perintah penangkapan untuk 10 anggota ELN, yang merupakan bagian dari delegasi kelompok itu untuk pembicaraan Kuba.

Seperti dilansir Rmol.co (Jawa Pos Grup), pembicaraan itu bertujuan untuk mengakhiri lebih dari lima dekade pertempuran oleh kelompok yang diilhami Marxis. Duque mengatakan bahwa Kuba tidak harus melindungi para pemberontak.

Lebih lanjut dia menekankan bahwa serangan bom di akademi polisi adalah kejahatan yang melanggar hak asasi manusia.

"Tidak ada tindakan seperti itu yang pantas untuk menghindari keadilan dilakukan", kata Duque saat memberikan pidato di Tolima, seperti dimuat Al Jazeera.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up