alexametrics

10 Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Tewas Akibat Serangan di Mali

21 Januari 2019, 11:08:25 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 10 pasukan penjaga perdamaian PBB dari Chad tewas dan beberapa lainnya cedera ketika memukul mundur serangan yang dilakukan oleh penyerang bersenjata di dekat sebuah desa di Mali Utara pada hari Minggu (20/1).

Seperti dilansir Reuters, identitas penyerang belum diketahui secara jelas. Namun pasukan penjaga perdamaian PBB dan pasukan Perancis ditempatkan di Mali Utara untuk memerangi kelompok-kelompok jihadis bersenjata yang dipandang sebagai ancaman paling besar terhadap keamanan di seluruh wilayah Sahel Afrika.

Bentrokan itu terjadi di dekat Aguelhok. Misi penjaga perdamaian PBB di Mali (MINUSMA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan dilakukan oleh sejumlah pria bersenjata di banyak kendaraan bersenjata.

mali, pasukan penjaga perdamaian, serangan di mali,
Misi penjaga perdamaian PBB di Mali (MINUSMA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan dilakukan oleh sejumlah pria bersenjata di banyak kendaraan bersenjata (Reuters)

Dikabarkan Reuters, kesepakatan damai 2015 yang ditandatangani oleh pemerintah Mali dan kelompok-kelompok separatis telah gagal mengakhiri kekerasan. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), kelompok militan juga melakukan serangan terhadap sasaran-sasaran penting di Ibu Kota, Bamako, dan di negara tetangga, Burkina Faso dan Pantai Gading.

Pasukan Perancis melakukan intervensi di Mali pada 2013 untuk mengusir para militan yang telah membajak sebuah pemberontakan Tuareg setahun sebelumnya, dan sekitar 4.000 tentara Prancis tetap di sana.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

10 Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Tewas Akibat Serangan di Mali