alexametrics

MRT, Kerja Sama Indonesia-Jepang yang Dinanti Masyarakat

21 Januari 2018, 08:21:11 WIB

JawaPos.com – Dalam rangka peringatan 60 tahun kerjasama diplomatik antara Indonesia dan Jepang, Kedutaan Besar Jepang menyelenggarakan acara Pembukaan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di halaman Museum Fatahillah, Jumat, (19/1).

60 tahun silam tepatnya 20 januari 1958 penandatanganan perjanjian perdamaian antara Republik Indonesia dan Jepang dilakukan. Ini juga sekaligus menandakan awal mula hubungan diplomatik antar kedua negara. Acara ini juga menandai kuatnya persahabatan antar kedua negara.

Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang, Toshihiro Nikai mengatakan, kerja sama Indonesia-Jepang praktiknya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat. “Misalnya seperti saling bantu ketika ada gempa di Sumatera dan di bagian Timur Jepang. kami bekerjasama dalam hal itu,” katanya akhir pekan ini.

MRT, Kerja Sama Indonesia-Jepang yang Dinanti Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Jawapos)

Selain itu, kerja sama lain yang dilakukan oleh Indonesia Jepang yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat Indonesia adalah adanya Mass Rapid Transit (MRT).

“Peringatan ini bukan saja penting tapi juga untuk menyiapkan langkah-langkah kerja sama pada tahun-tahun ke depan, khususnya dengan kota Jakarta kita tingkatkan. MRT contohnya adalah bentuk kerja sama Indonesia dan Jepang,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kerja sama ini diharapkan bisa dilanjutkan oleh generasi muda Jepang dan Indonesia agar semakin kuat dan semakin berkembang. “Butuh adanya kerja sama antar generasi muda, harus saling berjabat tangan dan berupaya semaksimal mungkin untuk perkembangan persahabatan antar kedua negara,” ujar Nikai.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)




Close Ads
MRT, Kerja Sama Indonesia-Jepang yang Dinanti Masyarakat