alexametrics

Taliban dan Amerika Serikat Tukar Tawanan

20 November 2019, 18:46:42 WIB

JawaPos.com – Taliban baru saja melepaskan dua akademisi yang ditawan sejak empat tahun lalu. Dua pengajar American University di Kabul itu diserahkan kepada tentara AS di Afghanistan Selatan, Selasa (19/11). Pelepasan tersebut rupanya bagian dari kesepakatan penukaran tawanan antara Taliban dan pemerintahan rezim Ashraf Ghani.

Tawanan yang dibebaskan Taliban adalah warga AS Kevin King dan warga Australia Timothy Weeks. Mereka diculik di pusat Kota Kabul pada 2016. Tak lama kemudian, video dari Taliban menampilkan King dan Weeks sebagai tawanan.

Menurut kepolisian Afghanistan, King dan Weeks tiba di Distrik Nawbahar, Provinsi Zabul, pukul 10.00 waktu setempat. Dari sana mereka langsung diterbangkan ke tempat yang aman.

Sementara itu, tiga anggota Taliban yang ditawan tiba di Doha, Qatar, kemarin pagi (19/11). Salah satu anggota Taliban yang dibebaskan adalah Anas Haqqani. Adik Wakil Kepala Taliban Sirajuddin Haqani itu ditawan sejak 2014 karena dugaan sebagai petinggi jaringan Haqqani, lembaga afiliasi Taliban. Namun, Sirajuddin bersikeras mengatakan bahwa adiknya hanyalah seorang pelajar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (bil/c6/dos)



Close Ads