JawaPos Radar | Iklan Jitu

Wartawan CNN Boleh Ikut Wawancara Trump Lagi Namun Ini Syaratnya

20 November 2018, 14:42:22 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
acosta, wartawan, cnn, trump, gedung putih, pers,
Trump menyebut Acosta seorang yang kasar, orang yang mengerikan dan reporter itu dilarang memasuki Gedung Putih sehari kemudian (The Independent)
Share this

JawaPos.com - Gedung Putih telah memberikan kembali ID pers kepada wartawan CNN Jim Acosta, kurang dari dua minggu setelah perdebatan dirinya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat konferensi pers. Pengembalian ID pers ituterjadi beberapa hari setelah seorang hakim memerintahkan Pemerintah AS untuk mengembalikan surat izin wartawan.

Gedung Putih juga mengeluarkan aturan yang mengatur konferensi pers yang akan dilaksanakan mendatang. Peraturan ini memungkinkan setiap wartawan hanya boleh mengajukan satu pertanyaan.

Dalam surat yang diberikan kepada Acosta, bahwa Gedung Putih akan menindaklanjuti kasus ini kecuali dia mau mengikuti aturan baru. Trump sendiri telah mengancam untuk walk out dari konferensi pers jika wartawan termasuk Acosta bersikap tidak sopan. Sementara itu, Acosta mengatakan dia menantikan untuk kembali ke Gedung Putih.

acosta, wartawan, cnn, trump, gedung putih, pers,
Dalam surat yang diberikan kepada Acosta, bahwa Gedung Putih akan menindaklanjuti kasus ini kecuali dia mau mengikuti aturan baru (The Hill)

Sebelumnya, pada 8 November lalu Acosta terlibat percecokan dengan Trump. Seorang anak magang berusaha mengambil mikrofon dari Acosta, ketika ia mencoba mengajukan pertanyaan kepada Trump.

Trump menyebut Acosta seorang yang kasar, orang yang mengerikan dan reporter itu dilarang memasuki Gedung Putih sehari kemudian. CNN mengajukan gugatan agar izin Acosta dipulihkan, dan bergabung dengan organisasi media lainnya dalam upaya mereka termasuk Fox News yang condong ke konservatif.

Dalam putusan awal, hakim Washington DC mengatakan, pemerintah tidak memberikan pembenaran yang cukup untuk pencabutan izin tersebut. Hak konstitusional Acosta melebihi hak Gedung Putih untuk ikut dalam konferensi pers yang teratur.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up