JawaPos Radar | Iklan Jitu

Raja Salman Mau Dunia Tahu Putranya tak Terlibat Pembunuhan Khashoggi

20 November 2018, 12:44:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
khashoggi, khashoggi dibunuh, wartawan, raja salman,
Raja Salman ingin seluruh dunia tahu bahwa dia percaya putranya MBS tidak terlibat pembunuhan (Picture-Alliance)
Share this

JawaPos.com – Raja Salman Bin Abdulaziz membicarakan soal Dewan Syura Kerajaan Arab Saudi. Namun ia menahan diri untuk tidak menyebutkan kasus pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

khashoggi, khashoggi dibunuh, wartawan, raja salman,
Kongres AS mengecam Kerajaan Saudi dan minta agar para pembunuhnya diadili. Apalagi CIA melaporkan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) terlibat dalam pembunuhan Khashoggi (AFP)

Dalam pidatonya, Raja berusia 82 tahun itu memuji pengadilan karena mereka telah melaksanakan tugas dalam pelayanan keadilan. Namun ia tak menyebutkan secara langsung mengenai kasus pembunuhan kolumnis Washington Post, Khashoggi.

Pidato raja dilakukan tidak lama setelah para anggota Kongres AS mengecam Kerajaan Saudi dan minta agar para pembunuhnya diadili. Apalagi CIA melaporkan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Dalam kesempatan lainnya, Raja Salman menunjukkan dukungannya bagi upaya PBB untuk mengakhiri perang di Yaman. Saudi memimpin kampanye udara besar-besaran terhadap pemberontak Houthi Yaman.  Saudi juga mengaku, masalah Palestina kini menjadi prioritas utama untuk kerajaan.

Raja Salman mengatakan, Riyadh mendukung solusi politik di Syiria, memastikan kembalinya pengungsi Syria ke tanah air mereka. Ia juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menghentikan program rudal nuklir dan balistik Iran.

Mengenai MBS, Raja Salman mengatakan, MBS telah diarahkan untuk fokus pada pengembangan kemampuan sumber daya manusia Saudi dan mempersiapkan generasi baru untuk sukses mendapat pekerjaan di masa depan.

Mengomentari pidato Raja Salman, Direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Arab Marwan Kaballan mengatakan, Raja Salman  tampaknya secara tidak langsung menyebutkan kasus Khashoggi dalam pidatonya.

"Saya pikir dia ingin seluruh dunia tahu bahwa dia percaya putranya tidak terlibat pembunuhan. Itu jelas dalam dua aspek yakni ekonomi, ketika dia berbicara tentang sektor swasta yang mengacu pada visi 2030 dari MBS, dan ketika dia mengakhiri pidatonya dengan berbicara tentang kepercayaannya pada sistem peradilan," terang Kaballan.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up