JawaPos Radar

Wapres JK: Amerika Seharusnya Lebih Berperan

20/09/2017, 13:27 WIB | Editor: Ilham Safutra
Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla didampingi Menko PMK Puan Maharani di New York. (Juneka Subaihul Mufid/ Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pidato Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam Sidang Umum PBB menegaskan pilihan politiknya. Yakni, semakin jelas AS tidak mau berperan besar bagi kepentingan dunia. Trump dianggap masih menjalankan politik American First seperti saat kampanye.

”Sebagaian besarnya tentu walaupun tidak sekeras waktu kampanye. Tidak bicara tentang wall. Tapi, bagaimana sudut pandang Amerika kepada dunia untuk kepentingan Amerika,” ujar JK usai menghadiri Sidang Umum PBB di New York, Selasa (19/9) siang waktu setempat.

Apalagi ada penegasan dari Trump yang menyebutkan bahwa para pemimpin negara juga punya kepentingan terhadap warga masing-masing. Tidak jauh dengan dirinya yang ingin membangun kepentingan dalam negeri.

Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla (Juneka Subaihul Mufid/ Jawa Pos)

”Presiden Trump itu berpidato dalam sudut pandang Amerika untuk Amerika. Sebenarnya kita harapkan sudut pandang dia untuk dunia,” ujar dia.

Peran AS diharapakan dalam menyelesaikan persoalan di negara lain. JK mencontohkan masalah pengungsi Rohingya dari Myanmar. ”Kita melihat Amerika tidak mau berperan luas di dunia. Seperti Myanmar, terkesan menjadi tanggung jawab ASEAN. Bener juga itu, kita memang juga harus seperti itu,” tambah JK.

(jun/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up