alexametrics

Wow, Jepang Mau Bikin Hujan Meteor Pertama di Dunia

20 Juli 2018, 11:09:35 WIB

JawaPos.com – Jepang akan membuat hujan meteor pertama di dunia dalam pertunjukan spektakuler di Hiroshima. Perusahaan star up ALE sedang dalam tahap akhir pengembangan satelit mikro.

Pertunjukan hujan meteor tersebut direncanakan digelar pada 2020 mendatang. ALE yang berbasis di Tokyo yang sedang dalam proses tahap akhir pengembangan dua satelit mikro yang nantinya akan menjadi bola-bola kecil yang menyerupai meteor.

Satelit pertama akan diterbangkan ke angkasa dengan roket yang diluncurkan oleh badan antariksa Jepang pada Maret 2019 mendatang. Kemudian satelit kedua akan diluncurkan pada pertengahan 2019 pada roket sektor swasta.

Wow, Jepang Mau Bikin Hujan Meteor Pertama di Dunia
Jepang akan membuat hujan meteor (Asia One)

“Kami menargetkan seluruh dunia, karena stok penembakan bintang kami akan berada di ruang angkasa dan dapat dikirimkan ke seluruh dunia,” kata Kepala Eksekutif ALE Lena Okajima seperti dilansir Gulf News, Jumat, (20/7).

Setiap satelit membawa kapasitas 400 bola kecil yang formula kimianya dirahasiakan dan dijaga ketat. Nantinya bola-bola yang keluar dari satelit akan bersinar saat menerobos atmosfer.

Menurut perusahaan ALE, 400 bola tersebut cukup untuk ditampilkan 20-30 pertunjukan dan satelitnya dapat bertahan di ruang angkasa sekitar dua tahun. Selain itu, terpilihnya Hiroshima untuk menggelar pertunjukan tersebut karena cuaca, lanskap, dan aset budaya yang baik.

Kepala Insinyur ALE Ko Kamachi menambahkan, mereka berencana untuk mendorong satelit bekas ke atmosfer orbit yang ditargetkan untuk menciptakan penembakan buatan raksasa. Namun gagasan tersebut masih dalam tahap penelitian dasar.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (trz/JPC)



Close Ads
Wow, Jepang Mau Bikin Hujan Meteor Pertama di Dunia