alexametrics

AS Wajibkan 5 Kondisi Ini Tetap Pakai Masker Meski Sudah Divaksin

20 Mei 2021, 12:54:27 WIB

JawaPos.com – Amerika Serikat sudah hampir mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity hingga 70 persen orang divaksinasi. Hasilnya, orang yang telah divaksinasi penuh terhadap virus tidak perlu lagi menutup masker. Warga AS juga tidak perlu menjaga jarak.

Dilansir dari Science Times, Kamis (20/5), tetap ada kelompok masyarakat yang wajib memakai masker sekalipun sudah divaksinasi. Banyak penyakit dan kondisi umum yang memengaruhi jutaan orang Amerika dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan, biasanya hingga derajat yang lebih rendah. Tubuh mungkin bereaksi secara tidak aktif terhadap penyerang, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi dan virus seperti Covid-19. Siapa saja mereka?

1. Pasien Diabetes
Diabetes, misalnya, bisa menurunkan kekebalan seseorang. Menurut CDC, ada sekitar 34,2 juta orang yang hidup dengan kondisi tersebut di Amerika Serikat, dan 88 juta lainnya menderita pradiabetes.

2. Obesitas
Kondisi lainnya adalah obesitas, yang dapat dikaitkan dengan kekebalan yang lemah, serta 40 persen orang Amerika ditemukan mengalami obesitas.

3. Penyakit Komorbid
Kondisi lain yang dapat melemahkan sistem kekebalan antara lain penyakit komorbid seperti ginjal, hati, dan kanker, jantung.

4. Lansia
Kelompok lansia juga wajib memakai masker sekalipun sudah divaksinasi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads