alexametrics

Pemujaan terhadap Putin Biasa Bagi Warga Rusia

20 April 2019, 07:14:19 WIB

JawaPos.com – Dalam jangak waktu yang lama, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Vladimir Putin stabil di atas 80 persen. Namun selama setahun terakhir, angka itu menurun. Benarkah rakyat Rusia mencintai presiden mereka? Dari sekian banyak karya seni dan lukisan aneh, beberapa di antaranya memiliki satu kesamaan: Putin.

Ada patung Putin dengan baju zirah abad pertengahan sedang mengendarai beruang. Ada Putin yang digambarkan sebagai pahlawan super. Ada lukisan Putin dipeluk seorang babushka (nenek Rusia). Ada patung dada Putin dan komik tentang sang presiden di atas kanvas besar.

Pemandangan ini terjadi pada Desember 2017. Saat itu, Moskow menjadi tuan rumah sebuah pameran. Bahkan yang semacam itu bukan yang pertama yang dipersembahkan untuk Presiden Rusia. Pameran itu disebut Super Putin. Beberapa tahun sebelumnya, pameran serupa juga diadakan di Moskow dan London. Dalam pameran itu, Putin digambarkan sebagai Buddha, Jeanne d’Arc, Che Guevara, Sherlock Holmes, dan banyak tokoh lainnya.

pemujaan putin, putin, vladimir putin, rusia,
Meski begitu, gagasan mencitrakan Putin sebagai personifikasi negara Rusia ternyata tak hanya menjadi populer di kalangan politisi yang mendukung Putin (AFP)

Ini mungkin terlihat seperti proyek kampanye politik. Walaupun pihak penyelenggara menyangkal tuduhan tersebut terutama karena pameran Super Putin dibuka tak lama sebelum pilpres Rusia.

Namun sampai saat ini, orang Rusia pada umumnya tidak melihat sesuatu yang aneh dalam pemujaan terhadap Putin semacam itu. Menurut tingkat kepuasan yang dikeluarkan lembaga survei nasional dan independen, rata-rata orang Rusia masih mendukung Putin, yang angkanya secara konsisten tetap tinggi selama bertahun-tahun. Baru pada April 2018 lalu angkanya mulai menurun.

Putin berarti Rusia

Di mana ada Putin, di situlah Rusia. Tidak ada Putin, tidak ada Rusia. Itu merupakan frasa yang dengan cepat menarik perhatian para pendukung Putin. Kata-kata ini diucapkan oleh Ketua Majelis Rendah Parlemen Rusia Vyacheslav Volodin.

Meski begitu, gagasan mencitrakan Putin sebagai personifikasi negara Rusia ternyata tak hanya menjadi populer di kalangan politisi yang mendukung Putin. Berdasarkan hasil jajak pendapat, pandangan semacam ini juga dimiliki oleh kebanyakan orang Rusia.

Seperti dilansir Russia Beyond, bagi mereka, Putin dipandang sebagai penjamin stabilitas, sosok yang menyatukan negara itu lagi, sepuluh tahun setelah keruntuhan Uni Soviet yang meninggalkan trauma.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia



Close Ads