alexametrics

Perempuan Hampir Tewas Usai Menyuntikkan Jus Buah ke Tubuhnya

20 Maret 2019, 17:15:22 WIB

JawaPos.com – Seorang perempuan di Tiongkok hampir tewas usai menyuntikkan jus buah. Dilansir dari South China Morning Post pada Selasa (19/3), Zeng, 51, warga Guiyang di Chenzhou, Provinsi Hunan membuat jus yang terdiri dari lebih dari 20 jenis buah.

Kemudian dia menyuntikkan jus buah tersebut ke dalam ke tubuhnya melalui infus. Efeknya, dia merasa gatal dan suhu tubuhnya meningkat. Namun dia tak merasa harus pergi ke dokter.

Tapi malam itu ketika suaminya menyadari perbuatan Zeng, dia langsung dibawa ke rumah sakit daerah. Akhirnya Zeng dirujuk ke Rumah Sakit Afiliasi Universitas Xiangnan, di mana ia dirawat di ICU.

jus buah, suntik, infus, tiongkok,
Kemudian dia menyuntikkan jus buah tersebut ke dalam ke tubuhnya melalui infus. Efeknya, dia merasa gatal dan suhu tubuhnya meningkat. Namun dia tak merasa harus pergi ke dokter (Pixabay)

Dokter yang merawat Zeng, Liu Jianxiu memberitahu Xiaoxiang Morning Herald, Zeng menderita infeksi parah, gagal hati, ginjal, dan jantung. Dokter lalu membersihkan darahnya menggunakan dialisis, menyuntikkan obat pembekuan darah dan memberinya antibiotik.

Kondisi Zeng telah membaik secara signifikan setelah lima hari dirawat di ICU. Ia lalu dipindahkan ke unit ginjal. “Saya pikir buah-buahan segar sangat bergizi dan tidak akan membahayakan saya dengan menyuntikkannya ke tubuh saya,” kata Zeng. “Saya tidak tahu itu akan membuat saya ke dalam masalah,” tambahnya.

Liu memperingatkan bahaya praktik kesehatan yang tidak memiliki dasar ilmiah. Ia mengatakan, menyuntikkan sesuatu ke dalam vena dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal atau bahkan kematian.

Ahli Gizi di Beijing, Lu Zhongyi mengatakan, beberapa buah-buahan memang baik untuk kesehatan pembuluh darah. Namun buah-buahan tersebut tidak boleh disuntikkan ke dalam pembuluh darah.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Perempuan Hampir Tewas Usai Menyuntikkan Jus Buah ke Tubuhnya