JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kisah Putri Latifa Melarikan Diri dari Dubai

20 Januari 2019, 13:49:15 WIB
suaka, putri latifa, dubai, rahaf,
Putri Latifa kabur dari Dubai sejak Maret 2018. Namun, perempuan berusia 32 tahun itu secara paksa dibawa kembali ke Dubai setelah dilacak oleh pasukan UEA ke sebuah kapal pesiar (Youtube)
Share this

JawaPos.com - Foto-foto baru Putri Dubai, Putri Latifa muncul ke publik. Ia terlihat memulai kehidupannya yang baru. Dia diketahui pernah mencoba melarikan diri dari kontrol ketat oleh ayahnya, Sheikh Mohammed bin Rashed Al Maktoum.

Foto tersebut dirilis oleh temannya yang membantu ia melarikan diri. Sang Putri terlihat sedang melakukan hobinya yaitu terjun payung. Ia juga terlihat sedang bermain dengan dua anjingnya.

Putri Latifa kabur dari Dubai sejak Maret 2018. Namun, perempuan berusia 32 tahun itu secara paksa dibawa kembali ke Dubai setelah dilacak oleh pasukan UEA ke sebuah kapal pesiar yang ditambatkan di lepas pantai India.

Dilansir dari Albawaba, seorang mantan agen dinas rahasia Prancis yang juga membantu sang Putri dan tiga anggota awak kapal pesiarnya dipukuli setelah kapal mereka ditangkap. Amnesty International meminta Uni Emirat Arab untuk menghormati hak Putri Latifa untuk diizinkan meninggalkan negara itu.

Dalam sebuah pernyataan organisasi hak asasi manusia menyerukan sekutu internasional UEA untuk menekan Pemerintah Dubai untuk berhenti mengekang Putri.

Sejak upaya pelariannya itu nasib Putri Latifa tidak diketahui karena dia belum terlihat di depan umum dan ayahnya menolak untuk mengatakan di mana dia berada.

Sumber-sumber Pemerintah Dubai hanya mengonfirmasi bahwa dia kembali ke negara itu dan bahwa dia bersama keluarganya dan melakukan yang terbaik.

Tetapi LSM yang Ditahan di Dubai, yang telah memimpin kampanye pembebasannya, khawatir dia mungkin tidak akan pernah terlihat lagi kecuali jika tekanan internasional diberikan pada kerajaan Arab untuk membebaskannya.

Setelah berbulan-bulan merencanakan kabur dengan teman dekatnya Tiian Jauhiainen, yang merilis foto-foto terbaru, ia melarikan diri ke Oman. Dia naik kapal pesiar milik mantan agen dinas rahasia Prancis Herve Jaubert.

Sang Putri lalu merencanakan memulai kehidupan baru di Amerika tetapi tiga minggu setelah upaya pelariannya, kapal pesiar mereka Nostromo dikelilingi oleh pasukan India. Jaubert dan tiga anggota kru Fillipino dipukuli.

Tentara mengancam akan melempar Jauhiainen ke laut saat mereka menangkap Putri yang berteriak bahwa dia mencari suaka tetapi diabaikan.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Verryana Novita Ningrum

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up