alexametrics

Sinkhole Surabaya Bukan Satu-satunya, Ini Negara yang Alami Sinkhole

19 Desember 2018, 17:29:56 WIB

JawaPos.com – Baru-baru ini ramai kabar fenomena alam mirip sinkhole terjadi di Gubeng, Surabaya. Jalan Raya Gubeng depan toko tas Elizabeth samping Bank BNI ambles, Selasa malam ini (18/12) sekira pukul 21.40 WIB.

Sinkhole Surabaya tersebut membuat jalan jadi ambles sepanjang sekitar 30 meter dengan lebar mencapai 10 meter sedangkan kedalaman sekitar 10 meter.

Sinkhole Bukan hanya terjadi di Surabaya. Kejadian serupa juga pernah terjadi di beberapa negara lainnya sebagai berikut:

sinkhole, sinkhole surabaya, sinkhole tiongkok, jepang,
Empat orang diketahui tewas akibat lubang besar atau sinkhole di Tiongkok. Menurut media pemerintah, lubang itu terbuka sekitar jam 2:30 malam di Dazhou, Provinsi Sichuan (Weibo)

Tiongkok

Empat orang diketahui tewas akibat lubang besar atau sinkhole di Tiongkok. Menurut media pemerintah, lubang itu terbuka sekitar jam 2:30 malam di Dazhou, Provinsi Sichuan.

Video dramatis dari tempat kejadian menunjukkan orang tiba-tiba terjun ke trotoar saat runtuh di bawah mereka. Lebih dari 40 petugas pemadam kebakaran terlibat dalam upaya penyelamatan. Pemerintah tidak mengungkapkan apa yang menyebabkan lubang yang mematikan itu tiba-tiba muncul. Fenomena ini mirip sinkhole Surabaya, di mana pemerintah setempat juga belum tahu apa penyebabnya secara pasti. 

Sinkhole biasanya terbentuk ketika air hujan asam melarutkan batu kapur atau batu serupa di bawah tanah, meninggalkan kekosongan besar yang runtuh ketika tidak lagi mampu mendukung berat dari apa yang di atas – apakah itu lapangan terbuka, jalan atau rumah. Kehadiran kabel listrik tegangan tinggi dan pipa air membuat pekerjaan penyelamatan sangat sulit.

Selandia Baru

Lubang tersebut berukuran 6 lantai dengan panjang sama dengan lapangan sepak bola. Sink hole yang melanda Selandia Baru ini menjadi ancaman bagi ternak dan tentunya warga setempat.

Lokasi lubang pembuangan dekat Rotorua ini memang sedang dilanda hujan. Daerah ini menerima lebih dari 2 inci hujan per jam, melemahkan tanah dan menyebabkan keruntuhan akhir dari lubang pembuangan.

Beberapa petani memasangi pagar disekitar lubang tersebut. Kali ini, sinkhole di Selandia Baru kemungkinan disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan membentuk sebuah lubang yang besar.

Jepang

Lima lajur jalan lenyap di Kota Fukuoka, Jepang pada 2016. Ini disebabkan karena sebuah lubang yang hampir 30 meter lebarnya dan 15 meter dalamnya menghisap trotoar dan kemudian dipenuhi dengan air.

Para pekerja bekerja keras selama beberapa jam dan secara praktis berhasil mengembalikan kondisi jalan seperti semula dalam waktu dua hari. Di Jepang sinkhole bisa diperbaiki dengan cepat. Apakah Pemerintah Surabaya mampu memperbaiki sinkhole Surabaya secapat di Jepang. Hal itu masih belum diketahui.

Jalan sudah dibuka kembali, baik untuk pejalan kaki maupun untuk lalu lintas kendaraan bermotor. Lembaga yang berwenang menyatakan bahwa jalan sudah berhasil diperbaiki dan sudah aman digunakan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)



Close Ads
Sinkhole Surabaya Bukan Satu-satunya, Ini Negara yang Alami Sinkhole