alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Indonesia Sampaikan Keprihatinan Nasib Muslim Uighur di Tiongkok

19 Desember 2018, 21:13:24 WIB
muslim uighur, uighur, tiongkok,
Kemlu menyampaikan rasa prihatin dan juga keprihatinan dari berbagai kalangan masyarakat mengenai kondisi Muslim Uighur di Tiongkok (Foreign Policy)
Share this

JawaPos.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengatakan, Kemlu telah bertemu dengan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia pada 17 Desember 2018. Dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan rasa prihatin dan juga keprihatinan dari berbagai kalangan masyarakat mengenai kondisi Muslim Uighur di Tiongkok.

"Pada kesempatan tersebut Kemlu menegaskan kembali deklarasi HAM PBB yaitu kebebasan beragama dan kepercayaan adalah merupakan hak asadi manusia," kata Arrmanatha di sela-sela acara DiploFest, Bandung, Rabu (19/12).

Menurutnya, alam pertemuan tersebut Indonesia melalui Kemlu juga menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan tanggung jawab setiap negara untuk menghormatinya.

muslim uighur, uighur, tiongkok,
Kemlu juga mencatat keinginan Kedutaan Besar RRT di Jakarta untuk terus memperluas komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat madani untuk menyampaikan informasi mengenai kondisi masyarakat Uighur (Reuters)

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Dubes RRT telah menyampaikan komitmen terhadap perlindungan HAM. "Dia juga sependapat bahwa informasi dan kondisi masyarakat Uighur penting untuk diketahui publik, walaupun ini merupakan isu dalam negeri," lanjut Arrmanatha.

Kemlu juga mencatat keinginan Kedutaan Besar RRT di Jakarta untuk terus memperluas komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat madani untuk menyampaikan informasi mengenai kondisi masyarakat Uighur di RRT.

Pertemuan ini diadakan untuk menyampaikan keprihatinan masyarakat Indonesia mengenai kondisi tersebut.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : (iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini