alexametrics

WannaCry Diduga Terbuat dari Microsoft Windows Cacat!

19 Desember 2017, 14:23:15 WIB

JawaPos.com – Tuduhan Amerika Serikat (AS) pada Korea Utara (Korut) atas penyebaran virus WannaCry disebut sesuai dengan bukti-bukti yang mereka dapatkan. Bagaimana polanya hingga membuat Korut jadi pihak tertuduh.

Banyak peneliti keamanan, termasuk perusahaan cyber Symantec, juga Pemerintah Inggris menyimpulkan Korut kemungkinan berada di balik serangan WannaCry yang dengan cepat menyebar di seluruh dunia pada bulan Mei. Serangan itu menginfeksi lebih dari 300.000 komputer di 150 negara.

Beberapa peneliti mengatakan, mereka percaya WannaCry dikerahkan secara tidak sengaja oleh Korut saat para hacker sedang mengembangkan kode tersebut. Pejabat senior AS menolak berkomentar apakah intelijen AS mengetahui serangan tersebut disengaja atau tidak.

Serangan virus WannaCry yang sangat dahsyat bisa membuat server rumah sakit di Inggris menjadi offline. Memaksa ribuan pasien untuk menjadwal ulang janji, mengganggu infrastruktur, dan bisnis di seluruh dunia.

Awalnya dampak WannaCry membuat sejumlah hackers yang meminta uang tebusan jika ingin sistem mereka diperbaiki. Hacker mengenkripsi komputer yang ditargetkan dan meminta pembayaran untuk memulihkan file.

Beberapa ahli menyimpulkan, permintaan tebusan mungkin merupakan gangguan untuk menyamarkan maksud yang lebih merusak.

“Apa yang kita lihat adalah pola lanjutan dari Korut yang tidak berperikemanusiaan. Apakah serangan siber untuk keuntungan finansial, atau menargetkan infrastruktur di seluruh dunia,” kata pejabat senior AS, Selasa, (19/12).

WannaCry kemungkinan terbuat oleh perangkat lunak Microsoft Windows yang cacat. Ini ditemukan oleh Badan Keamanan Nasional AS (NSA), kemudian digunakan oleh NSA untuk membangun alat meretas yang digunakan di sistem mereka sendiri.

Fakta WannaCry buatan NSA mendapatkan kritik tajam oleh Presiden Microsoft Brad Smith dan pihak lain yang percaya bahwa NSA seharusnya mengungkapkan kerentanan yang ditemukannya. Ini perlu dilakukan agar mereka dapat diperbaiki, bukan malah mengumpulkan pengetahuan tersebut untuk membuat virus.

Editor : admin

Reporter : (Reuters/ce1/iml/JPC)

WannaCry Diduga Terbuat dari Microsoft Windows Cacat!