JawaPos Radar

Unik, Dubai Punya Rumah Sakit Unta Pertama di Dunia!

19/12/2017, 08:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Unik, Dubai Punya Rumah Sakit Unta Pertama di Dunia!
Unta (Al Arabiya)
Share this image

JawaPos.com - Sebuah ruang operasi dengan peralatan medis terkini berada di sebuah rumah sakit Dubai, Uni Emirate Arab (UEA) yang baru dibuka pekan lalu. Ternyata rumah sakit dengan peralatan medis terkini tersebut adalah rumah sakit rumah sakit khusus Unta.

Seperti dilansir Al Arabiya beberapa hari lalu, unta menjadi bagian penting dari warisan budaya Arab. Lomba unta dan kontes kecantikan unta adalah rekreasi favorit bagi penduduk setempat. Bahkan beberapa unta berhasil meraih jutaan dolar atas berbagai lomba dan kontes tersebut.

Melestarikan warisan budaya Arab merupakan tujuan rumah sakit Unta di Dubai. Pembangunan rumah sakit unta tersebut menelan biaya USD 10,9 juta. "Ini merupakan rumah sakit unta pertama di dunia," kata Direktur Rumah Sakit Unta, Mohamed Al Bulooshi.

Menurutnya, selain membiakkan dan membesarkan unta, perlu bagi para pemilik unta untuk merawat kesehatannya juga. Mengobati mereka secara medis itu sangat penting.

Dipandu oleh tim dokter hewan internasional, rumah sakit tersebut dapat merawat 20 ekor unta. Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan jalur balap mini untuk membuat para unta itu berlatih berlari setelah menjalani perawatan.

Biaya untuk perawatan unta untuk sinar X dan ultrasound seharga USD 110. Sedangkan untuk pembedahan paling tidak sang majikan harus menyediakan uang USD 1000.

Rumah sakit ini juga melakukan penelitian dan pengembangan obat unta. "Kami juga ingin mengungkapkan rahasia hewan gurun yang unik ini," kata Kepala Pemasaran dan Keuangan Rumah Sakit Unta, Ahsan ul Haq.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up