JawaPos Radar

Serangan Virus WannaCry, AS: Korut Paling Bersalah!

19/12/2017, 13:42 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Serangan Virus WannaCry, AS: Korut Paling Bersalah!
Ilustrasi Hacker (New Statesman)
Share this image

JawaPos.com - Amerika Serikat (AS) mengatakan, Korea Utara (Korut) adalah pihak yang paling disalahkan atas virus WannaCry yang menyerang rumah sakit, perusahaan, bank pada pertengahan tahun ini.

Virus WannaCry menyerang 300.000 komputer di 150 negara. Virus ganas tersebut sangat merugikan negara.

"Serangan tersebut sangat meluas dan merugikan miliaran dolar. Korea Utara beranggung jawab secara langsung," kata Penasehat Keamanan Negara AS, Tom Bossert seperti dilansir BBC, Selasa, (19/12).

Bossert membuat tuduhan itu di Koran Wall Street Journal. Ini pertama kalinya AS menyalahkan sebuah negara secara resmi. Apalagi ini menyangkut virus komputer.

Ia mengatakan, tuduhan tersebut berdasarkan bukti yang ada. Inggris dan Microsoft juga menyalahkan afiliasi Pemeintah Korut atas serangan tersebut.

"Korut bertindak sangat buruk, tidak terkendali, selama lebih dari satu dekade. Perilaku jahatnya semakin mengerikan, serangan WannaCry tak pandang bulu," tulis Bossert.

Pemerintah AS mengaku mengenali sejumlah entitas hacker yang dikenal sebagai Lazarus Group. Mereka bekerja atas nama Pemerintah Korut, melakukan serangan WannaCry.

Peneliti keamanan dan para pejabat yakin Lazarus Group merupakan pihak yang bertanggung jawab atas serangan hacker ke Sony Pictures Entertainment tahun 2014.

Serangan itu menghancurkan file, membocorkan komunikasi korporat secara online, dan menyebabkan lengsernya beberapa eksekutif top.

Perwakilan Pemerintah Korut tak bisa dihubungi untuk memberikan jawaban. Korut berulang kali menolak tudingan mereka bersalah atas serangan WannaCry.

Pemerintah Korut menyebut tuduhan itu tak berdasar dan kampanye kotor untuk menjelekkan namanya.

(Reuters/BBC/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up