JawaPos Radar

Badai Kai-Tak Hancurkan Filipina

19/12/2017, 15:58 WIB | Editor: Dwi Shintia
Badai Kai-Tak Filipina
AMUK ALAM: Gambar dari udara menunjukkan Jembatan Catmon di Provinsi Biliran, Filipina, yang rusak karena dihantam Kai-Tak. (REUTERS)
Share this

JawaPos.com - Badai Kai-Tak melanda Filipina Sabtu (16/12). Sedikitnya 30 nyawa melayang saat badai tropis yang bergerak lamban itu menimbulkan banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi di kawasan tengah Filipina. Hingga kemarin (18/12), sebanyak 23 penduduk dinyatakan hilang.

’’Sebanyak 26 penduduk di Provinsi Biliran tewas. Beberapa yang lain meninggal karena tanah longsor di empat lokasi yang berbeda,’’ ungkap Sofronio Dacillo Jr., salah seorang personel badan tanggap darurat, sebagaimana dilansir Reuters.

Minggu (17/12) angin kencang dengan kecepatan 55 kilometer per jam bergerak ke arah barat daya. Sedikitnya 89 ribu penduduk mengungsi.

Badai juga mengakibatkan para calon penumpang pesawat yang hendak menikmati liburan Natal telantar. National Disaster Risk Reduction and Management Council menyatakan, bandara menghentikan sementara pengoperasian penerbangan karena badai. Hal yang sama terjadi di pelabuhan. Para calon penumpang kapal dan feri terpaksa menunggu di pelabuhan hingga cuaca membaik.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte meninjau lokasi yang terdampak banjir dan tanah longsor akibat badai kemarin. Sebagian besar wilayah masih tergenang banjir.

Sang presiden melakukan peninjauan dari udara dan menyaksikan sendiri kerusakan yang ditimbulkan Kai-Tak. Bukan hanya permukiman warga, banjir juga merendam persawahan serta berbagai sarana infrastruktur.

Setelah menghantam Biliran, badai bergerak ke kawasan Visayas. Kota Tacloban menjadi salah satu kota yang dilintasi Kai-Tak. Pada 2013, kota tersebut porak-poranda akibat supertopan Haiyan.

Ketika itu, 8.000 nyawa melayang. Tiap tahun Filipina dihampiri sekitar 20 badai dan angin topan yang bergerak dari Samudra Pasifik. (hep/c5/any)

hep/c5/any

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up