JawaPos Radar | Iklan Jitu

Rusia, Turki, Iran Siap Bahas Nasib Syria di Astana

19 November 2018, 21:00:45 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Rusia, Turki, Iran, Syria, perang syria,
Rusia, Turki dan Iran akan menggelar putaran terbaru pembicaraan mengenai Syria pada 28 dan 29 November mendatang (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Rusia, Turki dan Iran akan menggelar putaran terbaru pembicaraan mengenai Syria pada 28 dan 29 November mendatang. Pertemuan tersebut akan dilakukan di Ibu Kota Kazakhstan, Astana. Pada kesempatan tersebut, delegasi Pemerintah Syria dan oposisi juga diperkirakan akan hadir.

Selain itu, PBB dan Yordania juga diundang untuk hadir dengan status sebagai pengamat. Jika pembicaraan soal Syria ini terealisasi, maka pembicaraan akhir bulan ini akan menjadi konferensi kesebelas yang diselenggarakan oleh Moskow, Ankara,  dan Teheran untuk membahas permasalahan Syria.

Seperti dilansir Al Jazeera, pencapaian terbesar dari trio Rusia, Turki, Iran tersebut sejauh ini adalah penciptaan zona de-eskalasi. Pembentukan zona de-eskalasi disebut telah mengurangi tingkat kekerasan di Syria.

Rusia, Turki, Iran, Syria, perang syria,
Pembentukan zona de-eskalasi disebut telah mengurangi tingkat kekerasan di Syria (ABC)

Konferensi terakhir yang dipimpin Moskow dilakukan Juli lalu di Sochi, Rusia. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), konflik di internal Syria sendiri diketahui telah menewaskan lebih dari 360 ribu orang sejak dimulai pada 2011.

Pemerintah Syria sejauh ini telah menguasai kembali sebagian besar wilayah negara itu sejak militer Rusia melakukan intervensi pada tahun 2015. Rusia hadir memberikan dukungan pada Pemerintahan Presiden Bashar Al Assad yang sah.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up