JawaPos Radar

Trump: Saudi Harus Menanggung Konsekuensi Jika Bunuh Khashoggi

19/10/2018, 11:58 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
trump, khashoggi, wartawan dibunuh, arab saudi,
Trump mengatakan kepada wartawan di Pangkalan Angkatan Udara Andrews bahwa Saudi harus mendapatkan konsekuensi yang setimpal jika mereka ditemukan telah membunuh Khashoggi (AFP)
Share this

JawaPos.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan, jelas terlihat sepertinya bahwa wartawan asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi,  telah tewas. Dilansir dari Al Jazeera pada Jumat, (19/10), Trump tidak mengatakan apa yang mendasari kesimpulannya.

Namun Trump mengatakan kepada wartawan di Pangkalan Angkatan Udara Andrews bahwa Saudi harus mendapatkan konsekuensi yang setimpal jika mereka ditemukan telah membunuh Khashoggi. "Konsekuensinya akan buruk, hal-hal buruk," katanya.

Sementara itu, para penyelidik Turki memperluas penyelidikan mereka ke dalam tiga wilayah berbeda di pinggiran Istanbul, kata para pejabat kepada Al Jazeera. "Penyelidik melacak kendaraan yang meninggalkan konsulat Saudi dan tempat tinggal konsul jenderal pada hari Khashoggi menghilang ke daerah-daerah ini. Mereka menggunakan kamera lalu lintas untuk melakukan itu," kata wartawan Al Jazeera, Jamal Elshayyal, mengutip sumber di kantor kejaksaan Turki.

trump, khashoggi, wartawan dibunuh, arab saudi,
Presiden AS Donald Trump mengatakan, jelas terlihat sepertinya bahwa wartawan asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi, telah tewas (Reuters)

Satu penyelidik sedang mencari dalam hutan yang disebut Belgrad, sekitar 16 km dari pusat kota Istanbul. Bukti lain mengatakan, seorang anggota rombongan Putra Mahkota Mohammed bin Salman  (MBS) berada di Konsulat Saudi, Istanbul sesaat sebelum Khashoggi menghilang di sana. Foto bukti itu diterbitkan oleh surat kabar Turki, Sabah.

Pria itu, yang diidentifikasi sebagai Maher Abdulaziz Mutreb terlihat difoto di latar belakang perjalanan MBS ke AS, Prancis, dan Spanyol tahun ini. Gambar-gambar pengintaian yang diterbitkan oleh Sabah menunjukkan Mutreb berjalan melewati barikade polisi di konsulat pada pukul 09:55 pada tanggal 2 Oktober dengan beberapa pria mengikuti di belakangnya.

Sedangkan Khashoggi tiba di konsulat beberapa jam kemudian pada jam 1:14 siang, dan tidak pernah muncul kembali. 

 

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up