alexametrics

Paus Mau Kunjungi Korut Jika Kim Jong Un Beri Undangan Resmi

19 Oktober 2018, 14:06:48 WIB

JawaPos.com – Paus Fransiskus mengaku siap mengunjungi Korea Utara asalkan Kim Jong Un yang langsung mengirimkan undangan resmi. Sebelumnya, Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In mengatakan bahwa Kim ingin menyambut Paus di negaranya.

“Apa yang baru saja Anda katakan kepada saya sudah cukup, tetapi akan lebih baik jika undangan resmi dikirim,” kata Moon menceritakan saat bertemu dengan Paus.

“Jika undangan datang, saya pasti akan menanggapi itu, dan saya pasti bisa pergi,” tambah Moon mengatakan apa yang dikatakan Paus.

kim jong un, paus fransiskus, paus,
Sebelumnya, Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In mengatakan bahwa Kim ingin menyambut Paus di negaranya (Reuters)

Dalam sebuah pernyataan yang dibuat oleh Vatikan, bahwa pihaknya mengapresiasi komitmen kedua Korea untuk mengatasi ketegangan di Semenanjung Korea. Menurut Vatikan, ini salah satu cara untuk mengantarkan perdamaian.

“Saya dapat mengonfirmasi, undangan lisan telah disampaikan,” kata Juru Bicara Vatikan Greg Burke, menanggapi pesan Kim Jong Un melalui Moon. Sebagai informasi, belum pernah ada paus yang mengunjungi Korea Utara sebelumnya.

Yonhap News mengabarkan, pertemuan Moon dan Paus Fransiskus digelar secara tertutup dengan hanya ditemani seorang pastor Korea Selatan, Han Hyun-taek sebagai penerjemah.

“Saya senang bertemu Anda. Saya mengunjungi Vatikan sebagai presiden, tapi saya juga seorang beriman dengan nama baptis Timoteo,” ujar Moon.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Copy Editor :

Paus Mau Kunjungi Korut Jika Kim Jong Un Beri Undangan Resmi