alexametrics
Kasus Mutilasi Wartawan

Ada Rekaman Suara Jelang Jamal Khashoggi Dibantai di Dalam Konsulat

19 Oktober 2018, 11:22:17 WIB

JawaPos.com – Sumber di kepolisian Turki dan kantor jaksa penuntut umum mengatakan kepada Al Jazeera bahwa ada rekaman audio berdurasi 11 menit yang mengungkapkan Khashoggi dipukuli saat dia memasuki konsulat Saudi. 

Dilansir dari Al Jazeera pada Jumat (19/10), rekaman tersebut konon berasal dari fitur suara di blok A dan B dari gedung konsulat, yang merupakan bagian dari pintu masuk gedung.

Informasi itu muncul sehari setelah aparat pemerintah Turki menggeledah konsulat Saudi dan kediaman konsul jenderal. Bahkan, sidik jari yang ditemukan selama pencarian salah satunya adalah Salah Muhammad al-Tubaigy, ahli otopsi dari Universitas Naif Arab untuk Ilmu Keamanan.

Dia termasuk di antara 15 orang yang dicurigai membentuk pasukan pembunuh Saudi untuk membunuh Khashoggi. Sidik jarinya ditemukan di sekitar soket listrik di konsulat. Diduga para pelaku memasuki Turki dengan paspor diplomatik.

Sementara itu, empat kelompok hak asasi manusia dan kebebasan pers terkemuka mendesak Turki untuk meminta penyelidikan PBB terhadap dugaan pembunuhan Khashoggi.

Mereka adalah Committee to Protect Journalists (CPJ), Human Rights Watch, Amnesty International, dan Reporters Without Borders yang mendesak Turki agar segera meminta PBB untuk memulai penyelidikan yang tepat waktu, kredibel, dan transparan.

“Sebab, keterlibatan PBB adalah jaminan terbaik terhadap pemberian sanksi pada Saudi untuk menyapu masalah di balik mempertahankan hubungan bisnis yang menguntungkan dengan Riyadh,” kata Wakil Direktur Eksekutif CPJ, Robert Mahoney.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan, dia tidak akan menghadiri konferensi investasi pekan depan di Arab Saudi karena penyelidikan berlanjut ke hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi.

Hal senada juga dikatakan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Dia memberi tahu Presiden Donald Trump bahwa AS harus memberi Arab Saudi beberapa hari lagi untuk menyelesaikan penyelidikannya atas hilangnya Khashoggi. 

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ina/ce1/JPC)



Close Ads
Ada Rekaman Suara Jelang Jamal Khashoggi Dibantai di Dalam Konsulat