JawaPos Radar

Korut Izinkan Inspektur Internasional Saksikan Pembongkaran Rudalnya

19/09/2018, 12:16 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
korut, denuklirisasi korea, kim jong un,
Korea Utara setuju untuk mengizinkan inspektur internasional untuk mengamati pembongkaran permanen fasilitas kunci rudalnya (KCNA)
Share this image

JawaPos.com - Korea Utara setuju untuk mengizinkan inspektur internasional untuk mengamati pembongkaran permanen fasilitas kunci rudalnya. Ini merupakan langkah yang diambil Korut sebagai bentuk persetujuannya melakukan denuklirisasi Semenanjung Korea. Saat ini Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jaen In sedang melakukan pertemuan di Pyongyang.

Bukan hanya itu, Korut juga akan mengambil langkah tambahan seperti menutup kompleks nuklir utama Yongbyon jika Amerika Serikat mengambil tindakan timbal balik. Korut ingin AS melakukan permintaannya juga.

Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), melalui pertemuan yang sedang berlangsung hari ini, Presiden Korea Selatan Moon Jae In dalam pertemuan tingkat tinggi yang digelar dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang (Rabu, 19/8).

korut, denuklirisasi korea, kim jong un,
Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Moon, Kim mengatakan dia akan mengunjungi Ibu Kota Korsel, Seoul dalam waktu dekat. Ini sebagai kunjungan balasan Moon ke Pyongyang (Reuters)

Seperti dilansir Channel News Asia, Moon mengatakan,  Korut  dan Korsel sepakat kalau Semenanjung Korea harus berubah menjadi tanah damai tanpa senjata nuklir dan ancaman nuklir. Denuklirisasi Semenajung Korea harus dilakukan secara penuh, selain itu juga diperlukan upaya untuk mengakhiri Perang Korea.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Moon, Kim mengatakan dia akan mengunjungi Ibu Kota Korsel, Seoul dalam waktu dekat. Ini sebagai kunjungan balasan Moon ke Pyongyang.

Selama pertemuan mereka, para pemimpin kedua Korea menandatangani pernyataan bersama tentang hubungan antar-Korea, sementara para pemimpin pertahanan mereka mengadopsi pakta militer terpisah

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up