JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kim Jong Un Setuju Tutup Tempat Uji Coba Rudal Korut

19 September 2018, 13:37:19 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kim jong un, korut, rudal korut,
Moon mengatakan, setelah bertemu dengan Kim Jong Un di Pyongyang, keduanya menyetujui cara untuk mencapai denuklirisasi (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Korea Utara (Korut) semakin melangkah menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Presiden Korea Selatan (Korsel)  Moon Jae In mengatakan, Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un setuju untuk menutup salah satu tempat uji coba dan peluncuran rudal Korut. Ini merupakan momen yang luar biasa.

Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Moon mengatakan, setelah bertemu dengan Kim Jong Un di Pyongyang, keduanya  menyetujui cara untuk mencapai denuklirisasi. Ini merupakan pencapaian yang patut dihargai sebab Kim Jong Un semakin melunak.

BBC mengabarkan, kesepakatan itu digambarkan oleh Kim sebagai lompatan maju menuju perdamaian militer di Semenanjung Korea. Ini merupakan perjalanan menuju perdamaian yang diharapkan kedua Korea selama ini.

kim jong un, korut, rudal korut,
Korea Utara (Korut) semakin melangkah menuju denuklirisasi Semenanjung Korea (Infografis: Kokoh/JawaPos.com)

Berbicara setelah penandatanganan di Pyongyang, Moon mengatakan, Kim telah setuju untuk secara permanen menutup situs uji coba rudal Tongchang Ri dan fasilitas peluncuran rudal di hadapan para ahli dari negara-negara yang relevan dan ahli terkait rudal dan nuklir.

Menurut Moon, Kim juga setuju untuk menutup fasilitas nuklir Yongbyon. Namun ini dilakukan Korut dengan syarat  Amerika Serikat mengambil tindakan timbal balik. AS harus memenuhi permintaan Korut.

Hal itu disepakati dalam kunjungan tiga hari Moon ke Pyongyang untuk melakukan KTT antar Korea.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up