alexametrics

Meriahnya Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Konsulat Songkhla Thailand

19 Agustus 2019, 12:35:00 WIB

JawaPos.com – Kemeriahan HUT ke-74 RI rupanya tidak hanya dirasakan di Indonesia saja. Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di luar negeri pun turut merayakan pesta kemerdekaan tersebut. Salah satunya yang berlangsung di Kantor Konsulat RI di Songkhla, Thailand.

Di sana, peringatan Hari Kemerdekaan RI berlangsung dari 13-15 Agustus dengan beragam rangkaian acara menarik. Berbagai hal tentang Indonesia yang dipamerkan seperti tarian, makanan khas, produk, destinasi wisata, musik, film, dan pengenalan Bahasa Indonesia.

Tidak kurang dari 900 tamu dikatakan hadir dalam pameran dan bazar tersebut. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, remaja dan masyarakat Thailand pada umumnya. “Kegiatan perdana ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia. Para pelajar, remaja, traveler dan profesional menjadi sasaran pada Sisan atau colorful Indonesia 2019 ini,” terang Konsul RI untuk Songkhla Thailand Fachry Sulaiman dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/8).

Selain itu, acara ini juga untuk mengenalkan banyak hal tentang Indonesia kepada semua masyarakat Thailand dan sekitarnya. Di antaranya, seperti ada sebuah desa berbahasa Inggris di Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Bukan bahasa Inggris-nya menjadi isu, tapi sebuah wisata desa yang cerdas. Kehidupan ekonomi yang berjalan dengan baik menjadi sebuah nilai jual sebagai potensi wisata.

“Kita harus bisa meyakinkan kepada masyarakat Thailand dan lainnya bahwa Indonesia layak dikunjungi sebagai destinasi wisata. Karenanya, dalam tiga hari kegiatan, kita harapkan para pengunjung bisa mengajak, keluarga dan rekannya mengenal lebih jauh tentang Indonesia,” ungkap Fachry.

Acara tersebut dilanjutkan dengan upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2019 yang berlangsung khidmat dan diikuti banyak WNI yang tinggal di Thailand. Sebanyak 300 peserta ikut melaksanakan upacara Kemerdekaan RI ke-74 di Kantor Konsulat RI di Songkhla, Thailand Selatan.

“Saya kira, walaupun kita berada di negeri orang tapi saya yakin ketika Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bergema menjadi kebanggan tersendiri. Saya percaya Anda mencintai negara Indonesia dan kita semua mencintainya,” tutur Fachry Sulaiman.

Pada kesempatan itu, Fachry juga mengingatkan bahwa masyarakat, pelajar, dan mahasiswa Indonesia harus bisa mengambil banyak ilmu saat berada di Thailand. Namun, jangan terlalu lama dan segera pulang ke Indonesia untuk ikut serta membangun negara.

“Tema yang diusung dalam perayaan kemerdekaan tahun ini adalah Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju. Para mahasiswa yang belajar di sini adalah pemegang tongkat estafet dalam kemajuan Indonesia ke depan,” ungkap Fachry.

Sebagai perwakilan Indonesia di Thailand, pihaknya juga mengaku selalu siap membantu segala persoalan yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Catatannya jangan malu dan ragu menyampaikan berbagai perihal yang terjadi.

“Kami siap mem-back-up kalian semua dan mencarikan solusi dari persoalan-persoalan yang ada. Yang penting rajin belajar dan segera pula dan membangun negeri kita. Kita berada di negeri orang dan taatilah semua aturan yang berlaku di sini. Thailand adalah negara yang taat hukum dan kita juga mesti bisa mengambil hal-hal yang baik dan bagus dari mereka,” katanya.

Editor : Fadhil Al Birra



Close Ads