JawaPos Radar

Putin Serukan Uni Eropa Bantu Bangun Kembali Syria

19/08/2018, 20:46 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Vladimir Putin, Presiden Rusia, Vladimir Putin syria
Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP/Tobias Schwarz)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan kepada Eropa untuk berkontribusi secara finansial pada rekonstruksi Syria pada Sabtu (18/8). Hal itu bertujuan untuk mengembalikan warga Syria ke rumah mereka setelah mengungsi di Jerman.

"Kami perlu memperkuat dimensi kemanusiaan dalam konflik Syria, dan maksud saya di atas semua bantuan kemanusiaan kepada rakyat Syria serta membantu daerah di mana pengungsi di luar negeri dapat kembali," katanya sebelum wawancara dengan Kanselir Angela Merkel.

Putin juga mengatakan bahwa terdapat satu juta migran yang berada di Yordania dan Lebanon, serta tiga juta lainnya di Turki. Sejak puncak krisis migasi yang telah mengguncang kohesi Uni Eropa dan sekaligus melemahkan politik Angela Merkel 2015 lalu, Jerman sudah menerima ratusan ribu migran.

"Ini berpotensi menjadi beban besar bagi Eropa," Putin memperingatkan. Menurutnya, itulah sebabnya pihaknya harus melakukan berbagai cara untuk memulangkan para migran ke rumah mereka. Artinya, secara konkret hal utama yang harus dilakukan adalah memulihkan layanan dasar seperti pasokan air yang cukup dan infrastruktur medis yang memadai.

Seperti dilansir AFP, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, prioritas di Syria adalah untuk menghindari bencana kemanusiaan tanpa menjelaskan lebih lanjut. Kedua pemimpin Putin dan Angela, juga ingin membahas penyelesaian krisis Ukraina yang dianggap Putin tidak maju sama sekali.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up