JawaPos Radar

Menlu Retno Belum Dapat Notifikasi Soal 3 WNI Mau Bunuh Mahathir

19/07/2018, 20:14 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Menlu Retno Belum Dapat Notifikasi Soal 3 WNI Mau Bunuh Mahathir
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ia belum mendapatkan notifikasi resmi dari otoritas Malaysia mengenai 3 WNI yang ditangkap diduga teroris yang menargetkan membunuh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (Jawapos)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ia belum mendapatkan notifikasi resmi dari otoritas Malaysia mengenai 3 WNI yang ditangkap diduga teroris yang menargetkan membunuh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Retno menyampaikan, ia baru mengetahui hal tersebut berdasarkan rilis dari otoritas kepolisian Malaysia.

"Siang ini kami kontak otoritas Malaysia untuk meminta akses kekonsuleran," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis, (19/7).

Menurutnya, hal itu penting agar pihak Indonesia bisa memastikan bahwa yang bersangkutan yang diduga WNI adalah benar WNI. Selanjutnya, Indonesia bisa menghimpun data dan memverifikasi dengan yang ada di sistem.

Menlu Retno Belum Dapat Notifikasi Soal 3 WNI Mau Bunuh Mahathir
Tiga WNI tersebut dituding berafiliasi dengan ISIS (Reuters)

"Informasi itu yang baru dapat saya sampaikan, karena paling tidak sampai sebelum pertemuan dengan Menlu Papua Nugini tadi. Akses kekonsuleran belum diberikan kepada KBRI," ujar Retno.

KBRI menurut Retno, masih dalam proses untuk memastikan apakah mereka betul-betul WNI. Selain itu juga masih dilakukan upaya pencocokan data.

Terkait dengan apakah mereka tergabung dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) atau Negara Islam Indoneaia (NII) seperti yang sudah diutarakan kepolisian Malaysia, Retno juga belum mengetahui. Sebab belum mengetahui status kewarganegaraan.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up