JawaPos Radar | Iklan Jitu

Anwar Ibrahim Naik Banding Soal Tuduhan Sodomi September Mendatang

19 Juli 2018, 06:05:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Anwar Ibrahim Naik Banding Soal Tuduhan Sodomi September Mendatang
Anwar akan mengajukan gugatan kalau dirinya tidak mendapatkan perlakuan yang adil dalam banding kasus dugaan sodomi tersebut (AFP)
Share this

JawaPos.com - Pengadilan Banding Malaysia telah menetapkan tanggal untuk mendengar pembelaan pemimpin de facto Pakatan Harapan Anwar Ibrahim 14 September mendatang. Pembelaan tersebut untuk mengembalikan gugatannya terhadap Pemerintah Malaysia terkait kasus sodomi yang telah menyeret Anwar ke bui.

Tanggal tersebut telah ditetapkan oleh Wakil Registrar Haslina Basarudin. Penasihat Anwar Ibrahim, J Leela dan Penasihat Senior Pemerintah Federal Mazlifah Ayob juga turut hadir.

Anwar akan mengajukan gugatan kalau dirinya tidak mendapatkan perlakuan yang adil dalam banding kasus dugaan sodomi tersebut. Dalam surat pernyataannya, dia mengklaim pengacara terkemuka Muhammad Shafee Abdullah menerima USD 2,3 juta dari mantan Perdana Menteri Najib Razak untuk memimpin tim penuntut dalam banding atas kasus sodomi.

Pemerintah mengajukan permohonan untuk mencoret gugatan Anwar dengan alasan bahwa kasus tersebut tidak memiliki penyebab tindakan dan penyalahgunaan proses pengadilan. Hakim Pengadilan Tinggi Azizah Nawawi berpendapat bahwa kasus Anwar tidak berdasar dan tanpa bukti pendukung.

Seperti dilansir Channel News Asia, Anwar telah meminta pernyataan bahwa keyakinannya oleh Pengadilan Banding pada 7 Maret 2014 adalah ultra vires. Yang berarti di luar kekuasaan hukumnya, dan dengan demikian batal demi hukum.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up