JawaPos Radar

Banyak Faksi Berbeda, Taliban Sulit Pilih Pemimpin Baru

19/06/2018, 09:29 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Banyak Faksi Berbeda, Taliban Sulit Pilih Pemimpin Baru
Taliban kesulitan mencari pemimpin baru (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Usai pemimpinnya tewas terbunuh oleh pesawat tanpa awak milik AS, organisasi induk Taliban, Tehrik Taliban Pakistan (TTP) memilih pemimpin baru. Kabar ini didapat menurut informasi intelijen dan pakar lokal.

Mullah Fazlullah tewas bersama dengan empat militan lainnya dalam serangan pesawat tak berawak AS di provinsi Afghanistan timur laut Kunar pada 13 Juni. Tewasnya Fazlullah merupakan sebuah perkembangan pesat bagi Islamabad.

Selama ini Fazlullah dituding terlibat dalam berbagai aksi teroris terhadap pasukan dan warga sipil Pakistan. Pakar Keamanan berbasis di Peshawar, Rahimullah Yusufzai mengatakan, saat ini bukanlah tugas yang mudah bagi Taliban untuk memilih pemimpin baru. "Terutama ketika jaringan sudah terbagi menjadi beberapa faksi yang berbeda," katanya seperti dilansir Anadolu, Selasa, (19/6).

Banyak Faksi Berbeda, Taliban Sulit Pilih Pemimpin Baru
Taliban sedang mencari pemimpin baru (Reuters)

Seorang pemimpin baru, terang dia, akan dipilih tetapi dengan risiko terjadi perpecahan yang lebih besar. Selain itu juga mungkin akan terjadi lebih banyak pertikaian.

Taliban mengalami pukulan besar pertama pada tahun 2009 setelah Baitullah Mehsud tewas dalam serangan pesawat tanpa awak AS di Waziristan Selatan. Insiden tersebut menimbulkan munculnya berbagai pertikaian karena terjadi friksi di antara berbagai faksi TTP.

Seorang pejabat intelijen mengatakan, TTP melakukan pertemuan tiga kali dalam tiga hari terakhir di Kunar untuk menyelesaikan masalah ini. Namun memang belum ada keputusan karena maish banyak perbedaan.

(ce1/met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up