alexametrics

Varian BA.4 dan BA.5 Masuk Radar WHO, Usia Pasien Antara 30-50 Tahun

19 April 2022, 07:37:41 WIB

JawaPos.com – Varian Omicron telah menyebabkan lonjakan jumlah kasus Covid-19 di beberapa negara. Sub-garis keturunan BA.2 sekarang mendominasi secara global. Setelah itu muncul lagi varian lainnya yakni BA.4 dan BA.5 yang kini sedang diuji dan menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau Variant Of Interest (VOI).

Varian BA.4 dan BA.5 ditemukan di Afrika Selatan dan sedang dipantau oleh organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lalu apa itu varian BA.4 dan BA.5?

Menurut Direktur Center for Epidemic Response and Innovation (CERI) di Afrika Selatan, Tulio de Oliviera BA.4 dan BA.5 memiliki profil lonjakan yang sama dengan BA.2, kecuali untuk mutasi tambahan. Dia telah membagikan penjelasan di media sosial soal kemunculan sub-varian baru. Oliviera mengatakan bahwa salah satu protein lonjakan pada sub-varian baru ini hadir dalam varian Delta, Kappa dan Epsilon dari coronavirus.

Seberapa cepat subvarian ini menyebar?

WHO mengatakan bahwa mereka mulai melacak BA-4 dan BA.5. Mutasi tambahan itu perlu dipelajari lebih lanjut untuk memahami dampaknya pada potensi pelarian kekebalan.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan pekan lalu bahwa BA.4 telah ditemukan di Afrika Selatan, Denmark, Botswana, Skotlandia, dan Inggris dari 10 Januari hingga 30 Maret. Semua kasus BA.5 berada di Afrika Selatan pada minggu lalu, tetapi pada hari Senin kementerian kesehatan Botswana mengatakan telah mengidentifikasi empat kasus BA.4 dan BA.5.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: