JawaPos Radar

35 Tahun tak Ada Hiburan, Black Panther Siap Gebrak Bioskop Saudi

19/04/2018, 16:21 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Al Jazeera
Efrain Rios Montt meninggal dunia pada usia 91 tahun. Keluarganya mengatakan, ia meninggal dunia pada Minggu, (1/4). (Black Panther siap gebrak pasar film Arab Saudi)
Share this

JawaPos.com - Setelah lebih dari 35 tahun Arab Saudi tanpa bioskop, kini negara tersebut meluncurkan bioskop pertamanya. Film perdana yang diputar berjudul Black Panther dalam serangkaian uji coba sebelum membuka bioskop-bioskop publik yang lebih luas pada Rabu, (18/4).

Kerajaan Saudi yang konservatif di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) mencabut larangan bioskop sebagai bagian dari upaya liberalisasi tahun lalu. American Multi Cinema (AMC) Entertaiment memberikan lisensi pertama untuk mengoperasikan bioskop di Saudi.

Setelah dibangun dan mengumumkan bioskop pertama Saudi dibuka, AMC segera bergerak merealisasikan munculnya bioskop di Saudi. Pihak berwenang setempat menyatakan, pemeriksaan dapat berlangsung selama beberapa hari sebelum sistem tiket online diluncurkan secara resmi. Bioskop akan dibuka untuk umum pada Mei mendatang.

CEO AMC Entertainment Adam M. Aron mengatakan, hal tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah bagi AMC. "Selamat datang di era ketika film dapat ditonton masyarakat Saudi. Bukan di Bahrain, Dubai, London tetapi di dalam Kerajaan Saudi," ujarnya sebelum pemutaran film Black Panther seperti dilansir AFP, Kamis (19/4).

Langkah membuka kembali bioskop adalah bagian dari upaya modernisasi MBS yang reformis. Ia berusaha menyeimbangkan pemotongan subsidi harga minyak dengan banyak pilihan hiburan, meskipun langkahnya tersebut ditentang oleh kalangan garis keras.

Film Black Panther menceritaan tentang seorang raja muda dari kerajaan fiktif di hutan Afrika. Aron melemparkan lelucon, film tersebut merupakan kisah seorang anggota kerajaan yang mengubah suatu bangsa yang mungkin akan terdengar asing.

Jaringan teater internasional telah lama mengintai Kerajaan Saudi sebagai pasar masal film terakhir di Timur Tengah yang belum tersentuh. Padahal mayoritas 30 juta penduduk di antaranya berusia di bawah 25 tahun.

AMC Entertaiment menandatangani perjanjian tidak mengikat pada Desember lalu dengan Dana Investasi Publik Arab Saudi untuk membangun dan mengoperasikan bioskop di seluruh Kerajaan Saudi.

(ina/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up