alexametrics

Sayap Kanan, Kelompok Manusia yang Secara Kejiwaan Sakit

19 Maret 2019, 17:42:16 WIB

JawaPos.com – Pernyataan kontroversial dari seorang Senator Australia Fraser Anning telah menjadi sorotan dunia. Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan mengatakan, pernyataan Anning juga tidak diterima oleh masyarakat dan Parlemen Australia, juga oleh pimpinan agama manapun di negara itu.

Menurut Gary, masyarakat Australia dan dunia sedang berkabung. Namun  Anning malah memberikan pernyataan yang tidak bisa diterima.

“Pada 2 April 2019 ini, akan ada pemilihan legislatif dan pemilihan senator di Australia. Pasti orang seperti beliau (Anning) tidak akan diterima dan dipilih oleh bangsa dan rakyat Australia,” kata Gary di Kantor MUI, Selasa (19/3).

Sikap dan komentar seperti itu, menurut Gary, mengingatkan masyarakat dunia terutama bangsa Australia agar meningkatkan kewaspadaan. Khususnya kepada pihak yang senantiasa mengobarkan rasa kebencian di tengah publik.

“Oleh karena itu, mereka ini bergabung dengan kelompok yang bernama right wing (sayap kanan). Ini adalah sebuah organisasi dan partai politik yang anti-imigran di Australia. Mereka itu sebetulnya adalah kelompok-kelompok manusia yang secara kejiwaan sakit,” jelasnya.

Pada Juni mendatang, Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri G20. Di sana, keduanya akan mencanangkan agar Google, Facebook, dan platform lain untuk memberi peringatan atau aturan kepada yang memberikan ujaran kebencian.

“Sesungguhnya, Australia sudah menjadi pionir pentingnya dialog antar agama. Sudah banyak kunjungan yang dilakukan oleh para pimpinan agama antara Indonesia dan Australia,” kata Gary.

“Pada saat Perdana Menteri Morrison terpilih pada Agustus 2018, negara yang beliau kunjungi pertama kali adalah Indonesia, dan sudah bertemu dengan mitranya, Presiden Joko Widodo, dan masalah yang dibahas saat itu salah satunya adalah masalah dialog antar agama,” katanya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Sayap Kanan, Kelompok Manusia yang Secara  Kejiwaan Sakit