alexametrics

Dubes Australia Sampaikan Duka Mendalam Atas Teror Selandia Baru

19 Maret 2019, 17:32:06 WIB

JawaPos.com – Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan menyampaikan belasungkawa atas teror di Selandia Baru pada Jumat lalu. Gary yang datang di kantor Majelis Ulama Indonesia di Jakarta mengatakan, ia sangat sedih atas kejadian itu.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Australia saya menyampaikan belasungkawa yg sedalam-dalamnya,” kata Gary pada Selasa (19/3).

“Sekali lagi kami menyampaikan belasungkawa kepada semua yang menjadi target kekejaman teroris, khususnya warga Indonesia, satu yang meninggal dan dua masih menjalani perawatan di rumah sakit, seorang ayah dan seorang anak.”

penembakan masal, penembakan di masjid, masjid selandia baru, selandia baru,
Gary yang datang di kantor Majelis Ulama Indonesia di Jakarta mengatakan, ia sangat sedih atas teror di Selandia Baru (Verryana Imel Novita/JawaPos.com)

Menurutnya, permasalahan yang sekarang sedang dihadapi dunia adalah sama, yaitu terorisme dan berita bohong, termasuk ujaran kebencian. Ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Australia dan masyarakatnya juga mengalami hal yang sama.

Aksi teror di Selandia Baru dilakukan oleh Brenton Tarrant yang merupakan warga negara Australia. Oleh karena itu Gary sebagai perwakilan dari Pemerintah Australia menyampaikan Australia juga telah melakukan langkah-langkah positif.

“Setelah kejadian penembakan kami melakukan pertemuan dengan imam masjid di Lakemba, tidak jauh dari Sydney. Kami bertemu dengan imam, pimpinan agama Islam, dan ulama. Hadir pula Perdana Menteri Australia Scott Morrison, para pimpinan partai politik,” ujar Gary.

Dua hari setelah kejadian, lanjutnya, Pemerintah Australia khususnya di Victoria mengadakan doa nasional untuk para korban. Pada saat itu, semua masjid dibuka untuk umum dan ada ceramah dari para pemuka agama Islam yang menjelaskan tentang bagaimana Islam.

“Saya sebagai Duta Besar untuk Indonesia dan juga seorang non-Muslim juga merasa perlu banyak belajar tentang agama Islam dari umat Islam,” katanya.

Dia juga mengutip perkataan dari Morrison tentang Muslim. Bahwa dia mengatakan orang Australia harus belajar tentang Islam di Indonesia dari Muslim Indonesia.

“Mengingat praktek Islam yang dilakukan di Indonesia sedikit berbeda dengan yang diterapkan di negara lain. Oleh karena itu, masyarakat Australia perlu belajar Islam dari umat Islam di Indonesia,” kata Duta Besar yang sudah satu tahun tinggal di Indonesia itu.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Dubes Australia Sampaikan Duka Mendalam Atas Teror Selandia Baru